Breaking News:

Berita PALI

TARI Dundang Khas PALI, Tarian untuk Menyambut Raja pada Zaman Dahulu, Baju Penari dari Benang Emas

Tari Dundang yang merupakan tarian khas daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) ditampilkan dalam kegiatan Pemajuan Kebudayaan Desa

Penulis: Reigan Riangga | Editor: Welly Hadinata
Sripoku.com/Reigen Riangga
Penari Dundang ketika melakukan Pementasan di Gedung Pentas Seni Candi Bumi Ayu Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Reigan

SRIPOKU.COM, PALI -- Tari Dundang yang merupakan tarian khas daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) ditampilkan dalam kegiatan Pemajuan Kebudayaan Desa.

Pentas adat Pemajuan Kebudayaan Desa Tahun 2021 ini dipusatkan di halaman Pentas Seni, Kawasan Candi Bumi Ayu, Kecamatan Tanah Abang.

Arli Firgianto, Pendamping Desa (Daya Desa) wisata Desa Bumi Ayu  mengatakan bahwa dalam program Pemajuan Kebudayaan Desa ini mempunyai tiga tahapan yaitu Tahap Temu Kenali, Tahap Pengembangan, dan Tahap Pemanfaatan. 

Dijelaskan, Tahap Temu kenali adalah tahap dimana seluruh potensi Nilai Budaya yang ada di desa, dicari baik yang masih ada di tengah masyarakat maupun yang sudah tidak terpakai di masyarakat (punah). 

Kemudian tahap pengembangan merupakan tahap dimana seluruh potensi yang telah ditemukan dijadikan prioritas untuk kembangkan dan dimanfaatkan agar tetap lestari atau hidup kembali

"Lalu tahap pemanfaatan merupakan tahap dimana potensi budaya yang menjadi prioritas kembali hidup di tengah masyarakat," ungkap Arli, Selasa (23/11/2021).

Pentas Tahun 2021 ini bertemakan "Menjadikan Tari Tradisional Sebagai Identitas Desa".

Kegiatan ini dihadiri sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkab PALI, yaitu Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Drs. Effendi, Sekretaris Dinas Pendidikan, Haris Munandar, BPCP Jambi, Camat Tanah Abang, Ardian Edison, kepala Desa Bumi Ayu, Polri, TNI, serta pemangku adat dan pelaku seni di wilayah kecamatan Tanah Abang. 

Dijelaskan oleh Ketua Pokdarwis Tebat Jambu Kecantikan Tanah Abang, tahapan temu kenali dan pengembangan Daya Desa di bantu oleh Daya Warga, Pemerintah Desa, karang Taruna dan Tokoh-Tokoh masyarakat tertarik untuk mengangkat Kesenian Tradisional yaitu Tari Dundang, Musik Tari dundang serta Kain Tabak sebagai prioritas pemanfaatan. 

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved