Breaking News:

Info Kesehatan

6 MACAM Buah-buahan Penurun Asam Lambung

Kondisi asam lambung naik sering kali dapat menyebabkan komplikasi atau gejala yang mengganggu, seperti heartburn.

Editor: Wiedarto
ist
pisang 

SRIPOKU.COM--Asam lambung naik atau gastroesophageal reflux disease (GERD) terjadi ketika asam mengalir kembali dari lambung ke kerongkongan. Kondisi asam lambung naik sering kali dapat menyebabkan komplikasi atau gejala yang mengganggu, seperti heartburn.

Salah satu penyebab asam lambung naik adalah sfingter esofagus bagian bawah (LES) yang melemah atau rusak. Padahal, ketika berfungsi secara normal, LES akan menutup untuk mencegah makanan di perut bergerak ke kerongkongan.

Makanan yang kita makan akan ikut memengaruhi jumlah asam yang diproduksi perut, termasuk memilih buah untuk asam lambung. Untuk itu, pilih makanan yang tepat untuk mengendalikan asam lambung agar tidak berujung pada refluks asam parah atau kronis menjadi GERD.

Buah untuk asam lambung tidak akan membantu mengobati kondisi yang dialami. Namun, memilih buah untuk asam lambung bisa membantu mengelola gejalanya. Beberapa buah untuk asam lambung naik antara lain:

1. Pisang
Menurut ahli gastroenterologi dari Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California, Rudolph Bedford, MD, pisang bisa menjadi salah satu pilihan buah untuk asam lambung naik karena rendah asam.
Selain itu, karena tinggi akan serat, pisang juga membantu menguatkan sistem pencernaan, sehingga dapat membantu mencegah gangguan pencernaan. Salah satu serat larut yang ditemukan dalam pisang adalah pektin, yang dapat membantu memindahkan isi perut melalui saluran pencernaan kita. Ini adalah hal baik, karena makanan yang terus berada di perut kita hanya akan terus menghasilkan asam.

2. Melon

Seperti pisang, melon juga buah yang rendah asam dan menjadi salah satu buah untuk asam lambung naik. Melon adalah salah satu buah yang tinggi alkali. Menurut Netmeds, makanan tinggi alkali penting untuk menjaga keseimbangan pH dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
Selain sebagai buah untuk asam lambung naik, melon juga sumber magnesium yang baik. Magnesium ditemukan dalam banyak obat untuk mengatasi asam lambung naik.

3. Semangka

Semangka juga merupakan salah satu buah untuk asam lambung. Makanan mengandung banyak air bisa membantu mengencerkan dan melemahkan asam lambung, termasuk salah satunya semangka. Semangka juga tinggi akan antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan asam amino. Karena kandungan air yang tinggi tersebut, semangka bisa membantu melancarkan pencernaan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

4. Pepaya
Pepaya memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk salah satunya sebagai buah untuk asam lambung. Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi heartburn.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved