Breaking News:

Dua Pekan tak Ada Pasien Baru, Begini Nasib Rumah Sehat Wisma Atlet JSC di Palembang

Buchori berharap kedepannya, tidak ada penambahan jumlah kasus positif Covid-19 di Sumsel, dan pandemi segera berakhir, sehingga aktivitas masyarakat

Editor: RM. Resha A.U
tribunsumsel.com/linda
Penampakan bagian luar Wisma Atlet Jakabaring Palembang yang menjadi tempat isolasi mandiri pasien Covid-19 di Palembang. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Terhitung sejak 14 September atau dua pekan yang lalu, Rumah Sehat di Wisma Atlet Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, belum ada lagi pasien baru terpapar Covid-19 yang dirawat hingga saat ini.

Ketua PIC Rumah Sehat Wisma Atlet JSC Palembang M Bukhori mengatakan, pasien terakhir yang sudah dinyatakan sembuh atau negatif setelah melakukan perawatan pada 14 September lalu, dan hingga saat ini belum ada warga yang kembali dirawat ditempatnya.

"Ya, masih kosong," kata Bukhori, Selasa (28/9/2021).

Buchori berharap kedepannya, tidak ada penambahan jumlah kasus positif Covid-19 di Sumsel, dan pandemi segera berakhir, sehingga aktivitas masyarakat kembali normal.

"Kasus Covid-19 saat ini sudah menurun terutama di kota Palembang. Apalagi yang dirawat di Rumah Sehat disini sebagian besar pada domisili Palembang," jelasnya.

Ia pun berpesan, agar semua komponen masyarakat untuk terus mengampanyekan penerapan protokol kesehatan (prokes) sebagai salah satu upaya menekan penyebaran virus Covid-19.

Baca juga: Capaian Vaksinasi Covid-19 di Sumsel 27,41 Persen, Vaksin Dari Pusat Terbatas

Khusus dalam pemakaian double masker (masker rangkap) sebagai upaya menahan serangan varian Delta.

Dengan kasus yang cenderung menurun dan warga yang dirawat di Rumah Sehat sudah habis, pihaknya belum mengetahui apakah Rumah Sehat tetap akan berlanjut atau dihentikan, dan pihaknya menunggu instruksi pimpinan. 

"Sementara kami tetap siap standby  sampai akhir bulan ini. Khawatir ada lonjakan kasus lagi dan sambil menunggu instruksi selanjutnya. Jadi, kami masih nunggu instruksi pimpinan pada akhir bulan ini," ucap Buchori.

Berdasarkan data jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sehat Wisma Altlet Jakabaring Sport City (JSC) Palembang  dari dua Tower, yaitu Tower 7 dan 8 tercatat memiliki sekitar 200 tempat tidur.

Dimana sejak dibukanya Rumah Sehat Wisma Atlet JSC Palembang, sudah 690 pasien yang sempat dirawat (25 dirujuk) dan 664 pasien telah pulang atau sembuh.

Berdasarkan data pada Agustus 2021, dari 690 warga yang dirawat itu sejak Juli 2020 silam, rinciannya pada tower 7 terdapat total pasien yang telah dirawat  sebanyak 221 warga, terdiri dari laki-laki sebanyak 159 orang dan perempuan 62 orang. Terdiri dari dewasa sebanyak 214 orang dan anak-anak 7 orang.

"Sedangkan yang selesai menjalani perawatan (isolasi) dan pulang sebanyak 212 orang, dengan dirujuk  9 orang,"  jelasnya.

Sementara di Tower 8, total yang dirawat sebanyak 469 warga sejak 12 Mei 2021, terdiri dari laki-laki 289 orang dan perempuan180 orang, terdiri dari dewasa 438 dan anak-anak 31 orang.

"Di Tower delapan yang sudah pulang sebanyak 453 orang, dirujuk 16 orang dan proses nihil karena satu pasien terakhir sudah sembuh dan pulang pada Sabtu 11 September tadi," jelasnya. (Arif/TS)

Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved