Breaking News:

Stok Menipis, Ini Usaha Malaysia agar Warganya Bisa Donor Darah Tanpa Khawatir Terinfeksi Covid-19

Sejak pandemi Covid-19 mulai menyerang dunia di awal tahun 2020, banyak orang yang biasanya rutin mendonorkan darahnya menjadi khawatir.

Penulis: Ahmad Sadam Husen | Editor: Ahmad Sadam Husen
SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI, HANDOUT
(FOTO ILUSTRASI) Kegiatan donor darah HUT Bhayangkara ke-74 tahun 2020 yang digelar Polres Musirawas dalam rangkaian kegiatan memperingati HUT Bhayangkara ke-74, Jumat (26/6/2020). 

SRIPOKU.COM -- Sejak pandemi Covid-19 mulai menyerang dunia di awal tahun 2020, banyak orang yang biasanya rutin mendonorkan darahnya menjadi khawatir.

Mereka khawatir dirinya akan terjangkit Covid-19 jika mendonorkan darah.

Hal ini tak pelak membuat jumlah pendonor darah di beberapa negara mengalami penurunan sementara permintaan akan darah masih tinggi.

Hal ini juga yang diraskan oleh Negeri Jiran, Malaysia.

===

Kurangnya persediaan darah di Rumah Sakit Malaysia

Menurut laporan dari Astro Awani, salah satu kota di Malaysia yang persediaan darahnya mengalami penurunan drastis adalah Kedah.

Dr. Siti Nadiah Abdul Kadir, Kepala Layanan Transfusi Darah Kedah, mengatakan jika persediaan darah yang tersisa tinggal sedikit sementara jumlah pendonor darah semakin berkurang.

Menurutnya, meski beberapa pihak rumah sakit sudah menunda proses operasi yang membutuhkan darah, tetap saja ketersediaan darah masih sangat dibutuhkan mengingat masih adanya beberapa kasus darurat seperti kecelakaan di jalan atau kelahiran yang pasiennya kerap membutuhkan darah dalam jumlah yang tidak sedikit.

Tidak hanya itu, pasien yang mengidap penyakit seperti anemia kronis dan thalassemia juga membutuhkan pasokan darah terus menerus.

Halaman
123
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved