Breaking News:

Virus Corona di Sumsel

Ini Kunci dari Prof Yuwono, Supaya Kita Bisa Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Ahli Mikrobiologi Prof Dr dr Yuwono M Biomed, memberikan saran supaya kita bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

Editor: Yandi Triansyah
SRIPOKU.COM/MAYA CR
Prof Yuwono Ahli Mikrobiologi 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Ahli Mikrobiologi Prof Dr dr Yuwono M Biomed, memberikan saran supaya kita bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

Sebab Covid-19 diprediksi akan berlangsung lama.

Hal ini tak terlepas daro peneliti yang memprediksi Covid-19 akan menjadi sebuah endemi yang tidak akan hilang sepenuhnya dari muka bumi.

Artinya Covid-19 akan hidup berdampingan dengan masyarakat, dalam waktu yang tidak bisa ditentukan.

Menanggapi hal tersebut menurut Ahli Mikrobiologi Prof Dr dr Yuwono M Biomed, setuju dengan pendapat para peneliti yang menyatakan Covid-19 akan menjadi endemi.

"Kalau Covid-19 akan jadi endemi ada tanda-tandanya seperti pengalaman dari SARS virusnya anggap SARS CoV-1. Virus SARS dari 2002 sampai 2004 dan di atas 2010 masih ada dan itu jadi endemi," kata Prof Yuwono, Kamis (19/8/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan, indikasi berikutnya sekarang kondisinya bisa dikatakan stabil, tidak ada penambahan keganasannya dan hanya penularnya saja yang bertambah.

Dibeberapa negara juga sudah pulih, terutama di tempat-tempat yang sudah melakukan vaksinasi.

"Di Indonesia juga bisa berkemungkinan seperti itu. Dengan kondisi pandemi sudah tersebar di seluruh dunia maka tidak mudah begitu saja hilang," ungkapnya.

Menurutnya, butuh waktu lama untuk hilangnya, tapi tidak dalam kondisi seperti saat ini yang masih banyak dan berbahaya seperti saat ini.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved