Breaking News:

Virus Corona

Palembang-Lubuklinggau Diberlakukan Pengetatan PPKM Mikro, Mal Dibuka Sampai Pukul 17.00

Pemerintah kembali memperpanjang dua kota di Sumsel untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro.

Editor: Yandi Triansyah
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Walikota Palembang H Harnojoyo ketika memberikan arahan perpanjangan waktu PPKM di wilayah Palembang, di Kelurahan Sukajaya, Kamis (20/5/2021) 

SRIPOKU.COM - Pemerintah kembali memperpanjang dua kota di Sumsel untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro.

Dua kota itu yakni Kota Lubuklinggau dan Kota Palembang.

Dua kota tersebut akan dilakukan penerapan PPKM Mikro hingga 20 Juli.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengatakan, ada 43 kota dan 20 provinsi di luar Jawa-Bali yang dilakukan perpanjangan PPKM Mikro.

"Tadi sudah melapor ke Bapak Presiden terkait perpanjangan PPKM mikro tanggal 6- 20 Juli 2021 untuk di luar Pulau Jawa. Ini diatur perpanjangan yang selaras dengan PPKM Darurat di Jawa-Bali," katanya.

Airlangga menyampaikan, pada perpanjangan PPKM Mikro kali ini, ada 187 kabupaten/kota di level 3 dan 146 kabupaten/kota berada pada level 2.

Adapun 43 kabupaten/kota yang berada pada asesmen level 4, akan dilakukan pengetatan.

Tempat kerja atau perkantoran yang berada di level 4 maka diberlakukan WFH sebanyak 75 persen dan WFO 25 persen.

Selanjutnya kata Airlangga untuk kegiatan makan dan minum di tempat umum di seluruh level hanya diperbolehkan kapasitas 25 persen, dan dibuka sampai 17.00, untuk layanan pesan antar hingga pukul 20.00.

Begitu pula dengan kegiatan pusat perbelanjaan/mal yang hanya diizinkan dibuka hingga pukul 17.00 dengan kapasitas 25 persen.

Kemudian untuk tempat ibadah yang berada di zona merah ditutup sementara menyesuaikan dengan peraturan Kementerian Agama.

Demikian pula dengan kegiatan di area publik, kegiatan seni budaya, sosial, kemasyarakatan dan rapat, seminar, pertemuan luring, ditutup sementara. Sementara level lainnya diperbolehkan dengan kapasitas 25 persen.

Lebih lanjut, Airlangga menyampaikan, terkait pelaksanaan shalat Idul Adha di level 4 dilaksanakan di tempat masing-masing dan untuk level lainnya mengikuti surat edaran masing-masing daerah.

43 daerah yang diperketat
Kota Banda Aceh
Kota Bengkulu
Kota Jambi
Kota Pontianak
Kota Singkawang
Kota Palangkaraya Lamandau
Sukamara
Berau
Kota Balikpapan
Kota Bontang
Bulungan
Bintan
Kota Batam
Kota Tanjung Pinang Natuna
Kota Bandar Lampung
Kota Metro
Kepulauan Aru
Kota Ambon
Kota Mataram
Lembata
Nagekeo
Boven Digoel
Kota Jayapura
Fakfak
Kota Sorong
Manokwari
Teluk Bintuni
Teluk Wondama
Kota Pekanbaru
Kota Palu
Kota Kendari
Kota Manado
Kota Tomohon
Kota Bukittinggi
Kota Padang
Kota Padangpanjang
Kota Solok
Kota Lubuk Linggau
Kota Palembang
Kota Medan
Kota Sibolga.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Aturan dan Daftar 43 Daerah di Luar Jawa-Bali yang Diperketat Seiring Perpanjangan PPKM Mikro",

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved