Breaking News:

Buya Menjawab

Memindahkan Makam ke Area Makam Keluarga Bagaimana Hukumnya?

Keluarga yang saudaranya dimakamkan dengan protokol Covid-19 di Gandus, menginginkan untuk memindahkan kuburannya atau makamnya ke area makam keluarga

Editor: Bejoroy
sripoku.com/zaini
Ilustrasi - Suasana pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Gandus Hill Palembang. 

SRIPOKU.COM - Assalamu'alaikum Wr Wb
BUYA, keluarga yang saudaranya dimakamkan dengan protokol Covid-19 di Gandus, menginginkan untuk memindahkan kuburannya atau makamnya ke area pekuburan keluarga, bagaimana hukumnya? Mohon penjelasan.

Terima kasih. 08136923xxxx

Jawab:
Wa'alaikumssalam Wr Wb
Memindahkan kuburan untuk didekatkan dengan kuburan keluarganya hukumnya adalah sunnah, berdasarkan perbuatan Rasulullah Saw.

Berkenaan dengan memberi tanda untuk mengenali dan membedakan dari kuburan yang bukan keluarga, berdasarkan hadits dari Anas bin Malik ra.: "Bahwa Rasulullah saw. menandai kuburan Utsman bin Mazh'un dengan sebuah batu" (HR.Ibnu Majah).

Hadits yang lain dari Muthallib bin 'Abdullah: "Kemudian Nabi Muhammad saw. membawa batu itu dan meletakkannya di sebelah kepalanya. Beliau berkata: "Dengan batu itu aku mengenal kuburan saudaraku dan aku akan menguburkan di sana orang yang meninggal dunia dari keluargaku". (HR. Abu Daud).

Dari penjelasan rasulullah Saw. tersebut berarti rasulullah Saw. akan mengumpulkan orang-orang yang wafat dari keluarga beliau dalam satu area pemakaman.

Menutup upacara pemakaman jenazah adalah seluruh pengantar di syari'atkan berdo'a kepada Allah swt. untuk ampunan dan kemantapan iman si mayit, sebagaimana hadits dari 'Utsman; "Adalah Nabi Muhammad saw. apabila selesai menguburkan mayit, beliau berdiri di samping kubur dan bersabda: "Mohonkanlah ampun untuk saudaramu dan mintalah keteguhan, (iman) karena sesungguhnya dia sekarang sedang ditanya". (HR.Abu Daud). Demikian jawaban atas pertanyaan keluarga almarhum. (*)

Jangan lupa Like fanspage Facebook Sriwijaya Post di bawah ini:

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved