Berita Palembang

Kebutuhan Kantong Darah di Palembang Melonjak Hingga 5 Ribu, Finda Minta Masyarakat tak Khawatir

Kebutuhan kantong darah selama pandemi Covid-19 di Kota Palembang mengalami lonjakan, dari lima ribu kantong darah menjadi tujuh ribu kantong darah pe

Penulis: Abdul Hafiz | Editor: RM. Resha A.U
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Ketua Panitia Bulan Bung Karno DPD PDI Perjuangan Sumsel, Robby Puruhita dan Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel, HM Giri Ramanda N Kiemas,SE,MM memantau kegiatan bakti sosial donor darah dan pembagian sembako dalam rangkaian kegiatan Bulan Bung Karno 2021 di Kantor PAC PDI Perjuangan Kecamatan IB-II, kemarin (19/6/2021). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Kebutuhan kantong darah selama pandemi Covid-19 di Kota Palembang mengalami lonjakan, dari lima ribu kantong darah menjadi tujuh ribu kantong darah per bulan.

Di sisi lain, persediaan darah baik di UPTD PMI maupun di balai kesehatan kian menipis, menyusul keengganan masyarakat untuk mendonorkan darahnya karena takut tertular Covid-19.

 "Sebetulnya kekhawatiran itu tak perlu ada mengingat secara berkala seluruh fasilitas di UPTD PMI dan Balai Kesehatan kita lakukan penyemprotan desinfektan. Dan menerapkan prokes yang sangat ketat," ungkap Wakil Walikota Palembang yang juga Ketua PMI Kota Palembang, Fitrianti Agustinda SH di acara bakti sosial donor darah dan pembagian sembako di Kantor PAC PDI Perjuangan Kecamatan IB-II, kemarin (19/6/2021). 

Baca juga: Ratusan Personil Polres Prabumulih Donorkan Darah, Bantu Penuhi Stok Darah RSUD Prabumulih

Baca juga: Donor Darah, Sedekah Yang Menyehatkan Dalam Kehidupan 

Pada kegiatan donor darah yang diselenggarakan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan Sumsel ini diikuti tak kurang 100 peserta. 

Menurut Ketua Baguna PDI Perjuangan Sumsel, Dedi Sipriyanto, S.Kom, MM hasil dari donor darah ini nantinya akan langsung diserahkan kepada UPTD PMI Kota Palembang yang diharapkan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya guna memenuhi kebutuhan akan darah. 

"Kegiatan donor darah dan pemberian paket sembako ini juga membuktikan bahwa PDI Perjuangan tak hanya melakukan peran politik melainkan juga peran sosial. Salah satunya bertujuan memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat," kata Dedi yang juga anggota Fraksi PDIP DPRD Sumsel didampingi Ketua Panitia Bulan Bung Karno DPD PDI Perjuangan Sumsel, Robby Puruhita.

Baca juga: Stok Darah di PMI Banyuasin Berkurang, Kesulitan Dapatkan Darah Golongan B

Baca juga: Stok Darah di PMI OKI Sangat Memprihatinkan, 20 Kantong Hanya Bertahan Satu Minggu

Sementara itu, Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel, HM Giri Ramanda N Kiemas, SE, MM menegaskan bahwa melalui serangkaian kegiatan Bulan Bung Karno 2021, PDI Perjuangan Sumsel ikut peduli terhadap sesama.

Termasuk, selain donor darah juga melaksanakan kegiatan penyuluhan mengenai bahaya stunting. 

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved