Breaking News:

Hadapi Pilkades Serentak di OKU Selatan Oktober 2021, BPD Diminta Bersikap Netral

BPD yang meliputi ketua RW, pemangku adat, golongan profesi, pemuka agama dan tokoh atau pemuka masyarakat diminta bersikap netral

sripoku.com/alan
SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH Kepala PMPD : Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Kabupaten OKU Selatan Juproni, SPd, MSi, Rabu (9/6/2021). 

SRIPOKU.COM, MUARADUA - Dinas Pembedayaan Masyarakat dan Pemerintahan  Desa (PMPD) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) ingatkan  Badan Permusyawaratan Desa (BPD) selaku penyelenggara Pilkades untuk bersikap netral dalam Pilkades serentak yang digelar 6 Oktober 2021 mendatang.

Kepala Dinas PMPD Juproni, SPdi, MSi, mengatakan BPD yang meliputi ketua RW, pemangku adat, golongan profesi, pemuka agama dan tokoh atau pemuka masyarakat untuk tak terlibat kampanye calon dalam Pilkades serentak yang diikuti oleh 73 Desa dan 17 Kecamatan di OKU Selatan.

"Nantinya kalau ada mengarahkan kepada salah satu calon kades tolong disampaikan, setidaknya kita akan panggil berikan teguran karena secara umumnya tidak bisa dipidanakan,"ujar Juproni, Rabu (9/6/2021).

Seyogyanya Juproni menambahkan tupoksi BPD dalam Pilkades sebagai kontrol, membentuk kepanitian akan tetapi tidak dilibatkan dalam kepanitiaan apalagi berkampanye langsung atau perang di media sosial (Medsos), memihak kepada salah satu calon.

"Harus netral, BPD tidak ikut dalam kepanitian dalam artian hanya membentuk panitia tapi tidak ada didalamnya, karena BPD sebagai kontrol dalam pelaksanaan Pilkades baik kampanye langsung maupun di Medsos,"tambahnya.

Sementara itu perihal wilayah yang dikategorikan Rawan terhadap kericuhan antar pendukung saat Pilkades Juproni mengatakan melihat riwayat pelaksanaan Pilkades yang telah lalu tak ditemui wilayah yang tergolong sangat rawan.

"Kalau daerah rawan, kita melihat dari yang sudah-sudah di daerah Kecamatan Buay Runjung dan Runjung Agung, akan tetapi itu kejadian waktu itu tidak berhubungan  langsung dengan Pilkades itu terjadi secara kebetulan bersama dengan pelaksanaan Pilkades,"tambahnya.

Sementara itu para kades incumbent akan yang kembali mencalonkan diri akan dilakukan cuti lebih dari satu bulan penuh sejak ditetapkan sebagai calon yang dijadwalkan pada 28 Agustus hingga penetapan kades terpilih.

Penulis: Alan Nopriansyah
Editor: Azwir Ahmad
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved