Breaking News:

Cerpen Sihar Emry : Ziarah Diri

Ucapan kondektur adalah titah. Membantahnya sama dengan pindah ke bus berikutnya yang selisih waktunya satu jam keberangkatan dari bus yang ditumpangi

taman pendidikan.com
Ziarah 

Dua puluh menit waktu rehat di rest area habis. Kondektur mempersilakan penumpang naik ke bus. Kopi masih tersisa setengah gelas dan perbincangan menggantung tanpa rasa puas, tapi dia tak punya kuasa meminta waktu rehat ditambah. 

Ucapan kondektur adalah titah. Membantahnya sama dengan pindah ke bus berikutnya yang selisih 1 jam keberangkatan dari bus yang ditumpangi.

"Aku yang bayar. Semoga kau tak keberatan," ucap seseorang, sesama penumpang temannya melewati waktu rehat, lantas membayar tagihan kepada pramusaji yang menunggu.

 "Senang berbincang denganmu," penumpang itu mengatupkan tangan di depan wajah memberi salam perpisahan saat mereka sama-sama berdiri. "Semoga perjalananmu menyenangkan."

Belum sempat dia menanggapi, penumpang itu telah mengambil langkah. Berjalan melewati bus lalu menyeberang ke jalur yang mengarah ke kota keberangkatan mereka. 

Dari seberang penumpang itu tersenyum lewat matanya, melambaikan tangan, dan menaiki bus yang berhenti di depannya.

Gegas dia masuk ke bus lewat pintu depan begitu mendengar suara kondektur memanggil untuk terakhir kali. Para penumpang lain telah merunduk menatap layar gawai. Sebagian menggantungkan earphone di telinga.

Begitu dia duduk bus mundur pelan-pelan ke badan jalan. Dalam laju yang perlahan mengencang suara Dolores O'Riordan memenuhi bus lewat Animal Instinc. Suara sang vokalis mengantarnya balik pada percakapan yang baru lewat di rest area.

Dia memalingkan wajah ke kanan. Menatap bangku kosong di baris sebelah, tempat penumpang itu tadinya duduk. Membayangkan si penumpang di sana. 

Satu tarikan napas panjang mengisi paru-parunya. Dia lalu menyandarkan kepala. Menutup mata. Membiarkan diri dibuai tembang band yang pernah dia saksikan di sebuah panggung festival rock.

Halaman
1234
Editor: aminuddin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved