Breaking News:

Antisipasi Geliat  Ekonomi  Dadakan Sampai  Menjelang  Idul Fitri

Tahun lalu kebiasaan (tradisi) masyarakat/konsumen berbelanja memasuki Bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri sempat terhenti

Editor: Salman Rasyidin
Antisipasi Geliat  Ekonomi  Dadakan Sampai  Menjelang  Idul Fitri
ist
Amidi

Oleh : Amidi

Dosen  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang dan Pengamat Ekonomi Sumatera Selatan

Jika tahun lalu kebiasaan (tradisi) masyarakat/konsumen  berbelanja memasuki Bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri sempat terhenti karena pandemi virus corona.

Maka pada tahun ini kebiasaan tersebut akan berlanjut, karena pandemi virus corona sudah mulai meredah terutama di beberapa zona yang ada.

Dan lagi pula me­mang pemerintah sudah membolehkan masyarakat (umat Islam) untuk menunaikan i­ba­­­dah Ramadhan seperti sedia kala.

Dengan demikian, maka peluang umat Islam untuk melanjutkan/meneruskan  ke­bia­sa­an berbelanja  menjelang  Bulan Ramadhan  sampai menyambut Hari Raya Idul Fitri ter­sebut terbuka lebar.

Kondisi ini sudah kita saksikan sendiri, beberapa hari menjelang  datangnya Bulan Ramadhan  permintaan terhadap barang-barang kebutuhan pokok ter­ja­di peningkatan, sehingga tidak ayal lagi mendorong kenaikan harga-harga. (lihat Ami­di dalam Sriwijaya Post, 19/4/2020)

Geliat ekonomi di Bulan Ramadhan  tersebut  biasanya terus berlanjut sampai men­je­la­ng ­Hari Raya Idul Fitri.

Apalagi adanya faktor pemicu yakni masyarakat (ASN dan pe­gawai swasta) menerima Tunjangan Hari Raya (THR).

THR yang mereka terima ter­sebut setidaknya seminggu sebelum Hari Raya Idul Fitri biasanya sudah dike­lu­ar­kan­/dibayarkan oleh kantor tempat mereka bekerja.

Halaman
1234
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved