Tak Ada Larangan Sholat Id di Muratara, Takbiran Sebaiknya di Masjid Saja Jangan Keliling Kampung

Tidak ada larangan Sholat Idul Fitri 1442 H/2021 M baik di masjid atau pun lapangan di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) Sumatera Selatan.

Editor: adi kurniawan
SRIPOKU.COM/ANTON
Ilustrasi - Malam takbiran 

SRIPOKU.COM, MURATARA - Tidak ada larangan Sholat Idul Fitri 1442 H/2021 M baik di masjid atau pun lapangan di Kabupaten Muratara Sumatera Selatan.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Muratara, Susyanto Tunut mengatakan pemerintah daerah belum mengeluarkan edaran terkait larangan pelaksanaan salat Id.

"Untuk kita sampai saat ini belum ada larangan, kita masih pada risiko rendah," kata, Susyanto Tunut, Selasa (11/5/2021).

Akan tetapi, kata dia, masyarakat diharapkan tetap mematuhi imbauan pemerintah untuk disiplin protolol kesehatan secara lebih ketat.

"Melawan pandemi ini tugas kita bersama, tanpa dukungan dari masyarakat, masalah ini tidak akan berakhir," katanya. 

Baca juga: Final Liga Champions, Manchester City vs Chelsea Jadi ke-8 Perang Saudara Terbaru Spurs vs Liverpool

Baca juga: Status Zona Orange, Pemda OKU Selatan Keluarkan Surat Edaran Larangan Warga Gelar Takbir Keliling

Dia mengungkapkan, kasus penyebaran Covid-19 di Bumi Beselang Serundingan sepekan terakhir tidak ada lonjakan yang signifikan.

"Untuk kasus konfirmasi Covid-19 tidak ada lonjakan yang berarti, kita sekarang masih terdapat kasus konfirmasi 6 orang," kata Susyanto.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Muratara, Ikhsan Baijuri mengatakan salat Id dibolehkan di masjid atau pun lapangan. 

Hal itu sesuai Surat Edaran (SE) Menteri Agam nomor 07 tahun 2021 tentang panduan penyelenggaraan salat Idul Fitri 1442 H/2021 M di saat pandemi Covid-19.

Dalam SE itu, salat Id di daerah yang mengalami tingkat penyebaran Covid-19 tergolong tinggi (zona merah dan zona oranye) agar dilakukan di rumah masing-masing.

Sedangkan di daerah yang mengalami tingkat penyebaran Covid-19 tergolong aman (zona hijau dan zona kuning) dibolehkan salat Id di masjid atau lapangan. 

"Alhamdulillah Kabupaten Muratara berada pada zona aman, mudah-mudahan kedepan tidak meningkat lagi dan corona ini segera berlalu," harapnya. 

Ikhsan menambahkan, untuk malam takbiran menyambut Idul Fitri dalam rangka mengagungkan asma Allah sesuai yang diperintahkan agama sebaiknya dilaksanakan di masjid dan mushola saja.

Dia mengimbau masyarakat untuk membantu pemerintah menjaga lingkungan demi pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19.

"Untuk pawai atau takbir keliling di malam jelang lebaran sebaiknya tidak dilakukan, takbiran di masjid atau mushola saja," imbaunya. (TS/Rahmat Aizullah)

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved