Breaking News:

Demi Merata Menjangkau KPM, Dinsos Prabumulih Targetkan Tambahan 16 e-Warong Baru

Dinas Sosial (Dinsos) yang bertanggung jawab dalam pengawasan dan pembinaan, berencana memperluas program ini menjadi 30 e-warong.

istimewa
Salah satu contoh e-Warong. 

Laporan wartawan Sripoku.com, M Husin

SRIPOKU.COM, PRABUMULIH - Kota Prabumulih sejak 2017 hingga kini, baru memiliki 14 warung elektronik gotong royong (e-Warong) yang menjadi program bantuan sosial Kementerian sosial sebagai sinergi dari Program Keluarga Harapan (PKH) dengan program Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Dinas Sosial (Dinsos) yang bertanggung jawab dalam pengawasan dan pembinaan, berencana memperluas program ini menjadi 30 e-warong atau bertambah 16 unit usaha baru sehingga lebih merata dan terjangkau oleh Kelompok Penerima Manfaat (KPM).

Hal itu dikatakan Kabid Penanganan Pakir Miskin Dinsos Prabumulih, Maksonah SKM MKM, Jumat (19/2/2021).

Wabup OKU Terpilih di Sumsel Masih dalam Tahanan, Ini Komentar KPU dan Golkar

Menurutnya, sejak tujuh bulan diberikan tugas sebagai Kabid Penanganan Pakir Miskin oleh Walikota Prabumulih H Ridho Yahya dan Kepala Dinas Sosial, dirinya langsung melakukan pendataan, termasuk program e-Warong.

"Sesuai instruksi Kementerian sosial, dalam pelaksanaan Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT masih ada beberapa masalah, sehingga Dinas Sosial diminta melakukan pembenahan, diantaranya e-Warong," katanya.

Di Prabumulih jumlah KPM terdata sekitar 7.500 Kepala Keluarga (KK) yang diberi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sebagai uang elektronik, mirip dengan kartu ATM, dengan nilai Rp 200.000/bulan.

Pemegang KKS bisa balanja di e-Warong yang ditunjuk pemerintah.

Usai membeli sembako terdiri Beras 10 Kg, Ikan Patin 1 Kg, telur 1/2 Kg dan tempe 3 bungkus dan 1 bungkus tahu (isi 20-40 buah), pemegang KKS cukup menggesek KKS di EDC yang ada di e-Warong.

Lumpang Batu Tersembunyi di Kebun Kopi Desa Bandar Aji, Benda Purbakala Berumur Ribuan Tahun

Namun dari analisa lapangan, ternyata 14 unit e-Warong, tidak maksimal melayani 7.500 KK, sehngga ada rencana penambahan 16 e-Warong lagi sehingga total menjadi 30 e-Warong.

Halaman
123
Penulis: Husin
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved