Breaking News:

Berita Palembang

CATAT Jadwal Kereta Api di Stasiun Kertapati Palembang Berubah, KA Bukit Serelo Lebih Awal 30 Menit

KA Bukit Serelo rute Lubuk Linggau ke Kertapati, yang semula berangkat pukul 09.30 WIB, mulai 10 Februari 2021 akan berangkat lebih awal 30 menit

istimewa
Petugas PT KAI melayani penumpang kereta api dengan protokol kesehatan ketat. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Waktu perjalanan kereta api akan semakin singkat, dan sebagian KA mengalami perubahan jadwal keberangkatan. 

Hal ini dikarenakan KAI mulai memberlakukan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2021 yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Perhubungan No KP 1385 Tahun 2020, tentang Penetapan Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021 dan KP 1362 Tahun 2020 tentang Penetapan Lintas Pelayanan Perkeretaapian pada Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021.

“Penetapan Gapeka 2021 ini untuk menggantikan Gapeka 2019 yang sebelumnya digunakan oleh KAI,”  kata Manajer Humas Divre III Palembang Aida Suryanti.  

Aida menjelaskan, Grafik Perjalanan Kereta Api atau Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api, yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api. 

Penggunaan Gapeka 2021 ini akan mempengaruhi jadwal perjalanan KA, waktu tempuh perjalanan, dan stasiun pemberhentian KA. Adapun rinciannya untuk wilayah Divre III Palembang adalah sebagai berikut.

KAI Palembang Belum Terapkan GeNose Test, Begini Syarat Naik Kereta Api di Tengah Pandemi Covid-19

Cara Mengetahui Masa Berlaku Surat Hasil Rapid Test Antigen Sebelum Naik Kereta Api

Naik Kereta Api di Sumsel Wajib Berikan Hasil Rapid Tes Antigen, Sampel Maksimal 3x24 Jam

Perubahan Jadwal KA

KA Bukit Serelo rute Lubuk Linggau ke Kertapati, yang semula berangkat pukul 09.30 WIB, mulai 10 Februari 2021 KA Bukit Serelo  akan berangkat pada pukul 09.00 WIB atau lebih awal 30 menit.

Kemudian untuk KA Bukit Serelo rute Kertapati ke Lubuk Linggau, yang berangkat pada pukul 09.30 WIB, pada 10 Februari 2021 tidak mengalami perubahan.

Lalu, KA Rajabasa dari Kertapati ke Tanjungkarang yang berangkat pada pukul 08.30 WIB, Gapeka baru 10 Februari 2021 ini tidak mengalami perubahan tapi ada percepatan waktu tempuh 45 menit dari sebelumnya 9 jam 40 menit menjadi 8 jam 55 menit.

Aida menyampaikan kepada para calon penumpang dengan keberangkatan 10 Februari 2021, dan seterusnya untuk memperhatikan kembali jadwal yang tertera pada tiket agar tidak tertinggal kereta dan mengingat situasi saat ini para penumpang kereta diwajibkan mengikuti protokol kesehatan, dengan selalu menggunakan masker selama perjalanan. 

Halaman
12
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved