Breaking News:

Darimana Asal Usul AIDS: Orang Pertama Terinfeksi HIV Rupanya Tentara Perang Dunia I yang Kelaparan

HIV adalah contoh penularan zoonosis, di mana patogen dapat berpindah dari satu spesies ke spesies lain, seperti Covid-19, flu burung, dan cacar sapi.

SHUTTERSTOCK
virus HIV 

SRIPOKU.COM - Darimana Asal Usul AIDS: Orang Pertama Terinfeksi HIV Rupanya Tentara Perang Dunia I yang Kelaparan

Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) mungkin saat ini terpinggirkan oleh pandemi global corona.

Namun sindrom yang disebabkan virus Human Immunodeficiency Virus (HIV) hingga kini belum juga ditemukan vaksinnya, meski telah merenggut 33 juta jiwa di dunia.

Namun, 'patient zero' atau orang pertama yang terinfeksi virus HIV sudah ditemukan, klaim para ahli, dikutip Daily Mail, Sabtu (30/1/2021). 

 

Obat yang mencegah penularan virus dan gejala labu sekarang tersedia di banyak negara, tetapi 1,7 juta orang terinfeksi HIV pada 2019.

Profesor Jacques Pepin, ahli epidemiologi di Université de Sherbrooke di Kanada, telah mencoba menemukan asal mula HIV selama beberapa dekade, sejak menjadi dokter umum di Zaire (sekarang Republik Demokratik Kongo) pada 1980-an.

Studi sebelumnya menemukan virus imunodefisiensi simian (SIV) pada simpanse pertama kali menyeberang ke manusia di Kamerun Tenggara pada awal abad ke-20.

Virus imunodefisiensi Simian dapat berakibat fatal bagi simpanse dan persis sama dengan HIV, satu-satunya perbedaan antara keduanya adalah inang tempat tinggalnya.

Baca juga: VIRAL Belum Dites Swab Tapi Hasil Sudah Keluar, Cewek Ini Diminta Hapus Postingan Usai Video Heboh

Baca juga: Poligami dan Punya 100 Selingkuhan, Koruptor China Dihukum Mati

ilustrasi hiv aids 01
Ilustrasi virus HIV/AIDS. Sindrom yang disebabkan virus Human Immunodeficiency Virus (HIV) hingga kini belum juga ditemukan vaksinnya, meski telah merenggut 33 juta jiwa di dunia.

HIV adalah contoh penularan zoonosis, di mana patogen dapat berpindah dari satu spesies ke spesies lain, seperti Covid-19, flu burung, dan cacar sapi.

Dalam edisi pertama bukunya Origin of AIDS, yang diterbitkan pada tahun 2011, Dr. Pepin menyimpulkan bahwa HIV kemungkinan menginfeksi seorang pemburu di Kamerun pada awal abad ke-20, sebelum menyebar ke Léopoldville, yang sekarang dikenal sebagai Kinshasa di Kongo.

Halaman
1234
Editor: Fadhila Rahma
Sumber: TribunnewsWiki
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved