Breaking News:

Wawancara Tokoh

Bupati Musirawas H Hendra Gunawan: Tetap Syukur dan Sabar tak Boleh Putus Asa

Kepada Sripo ia mengaku legowo dan berlapang dada meski dalam Pilkada lalu perolehan suaranya lebih kecil dibanding Ratna Machmud - Hj Suwarti.

sripoku.com/ahmadfarozi
Bupati Musirawas Hendra Gunawan 

"KITA harus tetap bersyukur dan sabar, tak boleh putus asa. Apa yang sudah diberikan oleh tuhan itu sudah ada bagiannya sendiri,". Ungkapan ini mengisi perbincangan Sripo dengan Bupati Musirawas H Hendra Gunawan. Selama perbincangan itu, H Hendra Gunawan yang mengenakan kemeja batik tangan panjang warna biru putih khas Musirawas, terlihat santai. Sesekali tertawa lepas sambil bergurau.

Kepada Sripo ia mengaku legowo dan berlapang dada meski dalam Pilkada lalu perolehan suaranya lebih kecil dibanding Ratna Machmud - Hj Suwarti. Bahkan setelah pesaingnya ditetapkan sebagai calon dengan suara terbanyak oleh KPU Musirawas, dia dengan jiwa besar mengucapkan selamat. Dia juga sempat berkunjung ke kekediaman Ratna Machmud untuk bersilaturahmi.

Berikut wawancara Sriwijaya Post (Sripo) dengan H Hendra Gunawan (H2G) usai ramah tamah dan memberikan penghargaan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berprestasi di pendopoan rumah dinas bupati, Rabu (27/1) malam.

SRIPO: Pak Hendra terlihat cukup legowo menyikapi hasil Pilkada?
H2G : Ya yang namanya perjuangan, segala sesuatu pasti ada hikmahnya. Saya pribadi tak masalah, sebelum jadi bupati ya seperti ini. Kemudian jadi bupati ya seperti ini, dan setelah jadi bupati ya tetap seperti ini, biasa saja. Yang penting dalam kondisi sekarang kita jaga kesehatan. Kalau untuk tempat pengabdian, dibidang apapun kita tetap bisa mengabdi untuk masyarakat.

SRIPO: Untuk bisa bersikap seperti itu, mungkin ada kiat-kiatnya?
H2G: Sikap yang ditampilkan seseorang itu tergantung dari diri sendiri. Bagaimana seseorang mengambil sikap dari suatu kondisi yang sedang dialami, itu tergantung bagaimana menyikapinya. Ya kita sendiri yang buatnya (harus bersikap seperti apa-red). Hadapi saja.

SRIPO: Saat memimpin Musirawas, apa yang jadi program prioritas?
H2G: Saat mulai memimpin Kabupaten Musirawas lima tahun lalu, daerah ini masih dalam kategori kabupaten tertinggal. Hal ini menjadi salah satu atensi, untuk melepaskan Musirawas dari ketertinggalan. Maka dengan kerja keras, mengajak seluruh elemen pemerintahan dan masyarakat Kabupaten Musirawas untuk mencapai target tersebut. Kita start, Musirawas masih tertinggal. Alhamdulillah selama saya menjabat kita bisa lepas dari ketertinggalan, semuanya terukur secara statistik.

SRIPO: Prestasi lainnya?
H2G: Cukup banyak. Musirawas selama empat tahun berturut-turut, masuk dalam 10 besar ajang Innovation Government Award (IGA). Inovasi-inovasi yang kita buat bisa bersaing di kancah nasional dan mengalahkan daerah-daerah lainnya se Indonesia. Untuk meraih ini bukan hal yang mudah. Karena harus bersaing dengan daerah lain yang sebagian diantaranya adalah kabupaten yang sudah maju. Artinya kita bangun pondasi. Dibidang apapun, kalau pondasinya baik, dikerjakan maksimal, insha Allah hasilnya akan baik. Maka perlu jaga soliditas, Musirawas ini bukan lagi kibar bendera masing-masing, bukan lagi ego OPD masing-masing, tapi yang penting adalah kebersamaan.

SRIPO: Bagaimana menjalankan aktivitas pemerintahan dan kemasyarakatan?
H2G: Yang jelas apa yang kita bangun selama lima tahun ini, kuncinya kekompakan, kebersamaan dan gotong royong. Karena kita memiliki keterbatasan, maka berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Dengan gotong royong insha Allah jadi ringan. Dan selama ini kita juga selalu berusaha mengajak masyarakat untuk ikut andil dalam berbagai kegiatan. Kalau diajak berpartisipasi, mereka juga ada rasa memiliki. Maka kita bikin Mars Musirawas, itu untuk membangkitkan semangat membangun dan mencintai daerah.

SRIPO: Dimasa kepemimpinan Anda muncul pandemi Covid-19, bagaimana menghadapinya?
H2G: Kita sangat konsen dan fokus dengan penanganan covid 19. Terjun langsung ke masyarakat, selalu tekankan pentingnya disiplin menerapkan protokol kesehatan, mengajak masyarakat bersama-sama menanggulangi pandemi ini. Dan alhamduliah, apa yang kita lakukan mendapat apresiasi pemerintah pusat. Kabupaten Musirawas mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat, atas keberhasilan dalam penanganan covid 19. Bahkan karena dianggap berhasil, Musirawas dua kali mendapat kucuran dana insentif tambahan dari pusat. Dana itu dimanfaatkan untuk penanganan covid 19 dan sebagiannya digunakan untuk membantu membangkitkan ekonomi rakyat yang terdampak akibat pandemi covid 19.

SRIPO: Harapan untuk Musirawas kedepan?
H2G: Yang jelas Musirawas adalah daerah kita, tanah kelahiran kita, waktu hidup kita banyak habiskan disini. Tak dibayangkan bagaimana sayang kita dengan daerah ini. Tentunya kita ingin masyarakat kita, rakyat kita maju, dan mampu bersaing dengan daerah lainnya yang sudah kebih dulu maju. (ahmad farozi)

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved