Breaking News:

Sempat 3 Kali Tensi, Prof Yuwono Disuntik Vaksin di RS Pusri: Saya Tidak Anti Vaksin

Tentang efek samping dari vaksin, Prof Yuwono menegaskan,  efek samping vaksin masih bisa terjadi seperti alergi, namun tidak menyebabkan kematian

maya citra rosa
DIVAKSIN : Prof Dr Yuwono M. Biomed divaksin. (SRIPOU.COM/MAYA CITRA ROSA) 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Ahli Mikrobiologi Sumse sekaligus Direktur RS Pusri, Prof Dr dr Yuwono M Biomed melakukan vaksinasi Covid-19 untuk pertama kalinya di RS Pusri, Senin (25/1/2021).

Meskipun sempat menjalani tensi darah sebanyak 3 kali, Prof Yuwono akhirnya dapat disuntik vaksin sesuai dengan prosedur yang ketat.

Saat tensi pertama, tekanan darah Prof Yuwono di atas tensi normal 140/50, kemudian saat dicoba tensi darah kedua kali masih diatas 150/96.

Kemudian pada tensi ketiga kalinya, tekanan darahnya kembali normal yaitu 135/85.

"Kejadian saya ini bisa saja terjadi, oleh karena itu memang harus hati-hati, saya tidak ada riwayat darah tinggi, mungkin tadi karena gugup akan divaksin," ujarnya.

Namun, menurutnya, apabila tensi darahnya tetap tidak menurun, maka suntik vaksinasi harus ditunda hingga tensi normal.

Dalam prosesnya, vaksinasi diawali dengan skrining, penyuntikan dan proses observasi atau menunggu 30 menit untuk melihat ada atau tidak gejala efek samping.

Tidak hanya itu, pengawasan aktif bagi penerima vaksin juga terus dilakukan selama 24 jam ke depan.

Tentang efek samping vaksin, Prof Yuwono menegaskan,  efek samping vaksin masih bisa terjadi seperti alergi, namun tidak menyebabkan kematian.

"Walaupun saya sependapat bahwa vaksin itu tidak menyebabkan kematian, tapi vaksin kemungkinan memicu anafilaksis atau pingsan setelah penyuntikan," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: maya citra rosa
Editor: aminuddin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved