Breaking News:

Mantapkan Persiapan PKL, Siswa SMK PP Negeri Sembawa Ikuti Pembekalan Online

pada masa pandemi covid-19 pembekalan dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom meeting yang dilaksanakan pada tanggal 11-14 Januari 2021.

SMK PP Negeri Sembawa
Mantapkan Persiapan PKL, Siswa SMK PP Negeri Sembawa Ikuti Pembekalan Online 

SRIPOKU.COM -  Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Sembawa adalah salah satu sekolah di bawah Pusat Pendidikan Pertanian Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian Republik Indonesia, salah satu program untuk meningkatkan kompetensi siswa adalah dengan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Dunia Usaha Dan Dunia Industri (DUDI).

Sebelum melaksanakan PKL, SMK PP Negeri Sembawa memberikan pembekalan kepada 118 siswa kelas XI sebagai modal untuk masuk ke DUDI, pada masa pandemi covid-19 pembekalan dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom meeting yang dilaksanakan pada tanggal 11-14 Januari 2021.

Kepala SMK PP Negeri Sembawa Mattobi’i  dijumpai di ruang kerjanya (15/1/2021) menyampaikan tentang pentingnya PKL, “salah satu profil lulusan SMK PP Negeri Sembawa adalah memiliki kemampuan produktif sesuai dengan bidang keahliannya baik untuk bekerja pada pihak lain atau berwirausaha; untuk mewujudkan itu siswa dibekali dengan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di DUDI sehingga siswa memilik kompetensi yang baik ketika sudah lulus”, ujar Mattobi’i.

Baca juga: Begini Cara Membuat Silase HPT di SMK PP Negeri Sembawa

Baca juga: Dinilai Punya Potensi Datangkan Uang, SMK PP Negeri Sembawa Tanam Porang

Baca juga: BPP Kostratani Sembawa Dukung KWT Tunas Harapan, Wujudkan Ketahanan Pangan Melalui KRPL

Ketua Panitia PKL Zulkipli  menambahkan tentang materi yang didapatkan siswa PKL, yang menyatakan bahwa “Siswa PKL selama tiga hari mendapatkan materi tentang pedoman penulisan umum, analisis usaha tani, pendalaman komoditi setiap program studi serta beberapa pengarahan umum baik dari kepala sekolah maupun ketua komite”.

Pada Tahun 2021 lokasi pelaksanaan PKL SMK PP Negeri Sembawa antara lain BPP Betung, BPP Sembawa, BPP Talang Kelapa, BPP Rambutan, Pusat Penelitian Karet Sembawa, PT Pinago Utama, CV Candi Agro, BPTU-HPT Sembawa, UPTD BP HPT, PT Semesta Mitra Sejahtera, Laboratorium Kimia UNSRI, Laboratorium Pengujian Puslit Sembawa, Pabrik Roti Boby Palembang, Pabrik Tahu Talang Dabo.

Sebagai UPT Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSMP) Kementerian Pertanian, SMK PP Negeri Sembawa terus meningkatkan kualitas SDM pertanian dan membuat sektor pertanian menjadi lebih menarik serta menguntungkan sesuai arahan Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi.(adv)

Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved