Breaking News:

Dinilai Punya Potensi Datangkan Uang, SMK PP Negeri Sembawa Tanam Porang

Tanaman porang merupakan tanaman yang baru dikenal dan populer di kalangan masyarakat dan dunia usaha pertanian.

istimewa
Lahan yang tengah dipersiapkan untuk tanaman porang dan contoh tanaman porang. 

SRIPOKU.COM - SMK PP Negeri Sembawa siap bertanam porang

Salah satu faktor utama yang menentukan keberhasilan pembangunan pertanian adalah tersedianya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, yakni memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk pembangunan pertanian.

Untuk mempersiapkan SDM pertanian, peran pendidikan menengah kejuruan di Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri Sembawa (SMK PP N Sembawa) sangat strategis  dan signifikan.

SDM pertanian yang berkualitas tercipta perlu pembekalan yang matang, salah satunya dapat dilakukan dengan kegiatan pembelajaran budidaya tanaman di lapangan praktik.

Kepala SMK PP Negeri Sembawa, Ir. Mattobi’i MP, mengajak para tenaga pendidik, kependidikan, dan peserta didik untuk menambah pengetahuan tentang porang.

Pihaknya menugaskan Ibu syamsiyah SST dan kawan-kawan sebagai tenaga pendidik dan kependidikan untuk melakukan budidaya porang di kebun praktek SMK PP Negeri Sembawa.

Bibit dan lahan telah dipersiapkan untuk penanaman porang. Penanaman porang ini akan dilakukan pada kebun SMK  PP N Sembawa pada bulan Januari 2021.

Tanaman porang merupakan tanaman yang baru dikenal dan populer di kalangan masyarakat dan dunia usaha pertanian.

Porang atau dikenal juga dengan nama iles-iles adalah tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri.

Porang banyak dimanfaatkan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, dan juga untuk pembuatan lem dan jelly yang beberapa tahun ini diekspor ke Jepang.

Halaman
12
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved