Breaking News:

Begini Cara Membuat Silase HPT di SMK PP Negeri Sembawa

Prinsip pembuatan silase adalah fermentasi hijauan oleh bakteri yang menghasilkan asam secara anaerob.

SMK PP Negeri Sembawa
Begini Cara Membuat Silase HPT di SMK PP Negeri Sembawa 

SRIPOKU.COM - Silage atau SILASE adalah proses penyimpanan hijauan pakan ternak (kambing, domba, sapi, kerbau) pada media kedap udara (anaerob) sehingga diharapkan pakan bisa bertahan lama dan mampu berfungsi sebagai tabungan pakan bagi para peternak ketika musim kemarau atau susah mencari hijauan pakan ternak.

Prinsip pembuatan silase adalah fermentasi hijauan oleh bakteri yang menghasilkan asam secara anaerob.

Untuk wadah kedap udara harus diperhatikan betul-betul supaya memang sesuai harapan awalnya yaitu kedap udara.

Untuk media Silo wajib memastikan plastik penutupnya lebar, kuat dan mampu menutup rapat. Selain silo bisa juga menggunakan drum plastik yang tebal dan pastikan tidak ada lubang udara masuk setelah ditutup.

Baqos merupakan alumni SMK PP Negeri Sembawa tahun 2019 yang sekarang sedang melakukan studi di Polbangtan Bogor Prodi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan Kampus Cinagara.

Selama pembelajaran daring, Baqos mendapat tugas Mata Kuliah Hijauan Makanan Ternak untuk melakukan pembuatan pakan silase. Tugas pembuatan silase dilakukan di SMK PP Negeri Sembawa. Mulai awal sampai akhir proses pembuatan silase didokumentasikan berupa video dan foto-foto.

Kemudian video dan foto-foto tersebut diserahkan kepada dosen mata kuliah. Hijaun pakan ternak yang digunakan berupa rumput odot sebanyak 10 kg yang sudah dicacah. Pegawai dan petugas ternak ikut membantu dalam meyiapkan kebutuhan bahan-bahan dan peralatan yang digunakan.

Pelaksanaan pembuatan silase oleh mahasiswa Polbangtan Bogor didampingi oleh guru program studi Agribisnis Ternak Unggas Ujang Muhammad, S.ST dilakukan pada hari selasa minggu pertama bulan Januari 2021.

Kegiatan tersebut dilakukan siang menjelang sore saat matahari masih panas. Alasan tersebut agar rumput odot yang sudah dipanen dapat diangin-anginkan terlebih dahulu sebelum dicoper.

Area kandang sapi merupakan tempat dilakukannya pembuatan pakan silase. Karena disekitar kandang sapi terdapat tanaman rumput odot, mesin pencoper rumput dan bahan-bahan yang dibutuhkan.

Halaman
123
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved