Breaking News:

Kami tidak Bisa Intervensi, Curhat Kemenpora Soal Kompetisi Sepakbola di Indonesia yang tak Jelas

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, pihaknya tidak bisa masuk terlalu dalam.

Editor: RM. Resha A.U
KOMPAS.COM/RAKHMAT NUR HAKIM
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA –- Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI angkat bicara terkait nasib kompetisi Sepakbol LIga 1 dan Liga 2, yang belum juga bergulir.

Karena seperti yang diketahui, pihak Kepolisian masih belum juga memberikan izin keramaian yang menjadi faktor mengapa kompetisi Sepakbola juga belum dijalankan.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, pihaknya tidak bisa masuk terlalu dalam.

Baca juga: CEO Klub LIga 1 di Indonesia Ini Geram Kompetisi tak Jelas, Minta Vakumkan Liga 2021 Sekalian

Ia percaya pihak Kepolisian punya pertimbangan matang dan mendasar untuk bisa mengeluarkan izin keramaian.

Kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini belum menurun juga jadi pertimbangan kuat mengapa kompetisi belum berjalan.

“Tentang kompetisi sepakbola memang ranahnya Federasi PSSI dan pengelola kompetisi itu PT LIB. Namun pemerintah tetap memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan itu dengan protokol kesehatan ketat,” kata Menpora dalam konferensi pers secara daring, Selasa (5/1/2021).

Baca juga: Manajemen Sriwijaya FC Buru Pemain Posisi Playmaker dan Bek yang Bisa Mengembangkan Pola Permainan

“Tapi Kemenpora memang tidak dalam wilayah dalam berikan izin keramaian, nah masalahnya sekarang pandemi masih cukup tinggi tentu ada pertimbangan dari pihak Kepolisian untuk memberikan izin keramaian bukan cuma untuk satu kegiatan, saya kira bukan cuma Sepakbola saja, tapi kegiatan apa saja,” sambungnya.

Menpora menerangkan pihaknya dalam hal ini kapasitasnya hanya memberikan rekomendasi, keputusan terakhir tetap ada pada pihak polri yang punya kewenangan untuk memberikan izin keramaian.

“Kami tidak bisa intervensi, kami tidak bisa paksa karena ada pertimbangan-pertimbangan, tapi kami berharap pandemi ini bisa berakhir dan bisa melihat lagi pertandingan,” terang Menpora.

Baca juga: Datang dari Klub Jerman, Pemain Muda Ini Bangga Bisa Gabung ke Timnas Indonesia U19

Di samping itu, Menpora yang sudah mendapatkan update dari PSSI yang akan menggelar rapat Exco penentuan kompetisi kini tinggal menunggu laporan dan keputusannya seperti apa.

Terakhir, ia pun kembali menegaskan untuk keadaan saat ini Kemenpora tak bisa masuk terlalu dalam dan pemberian izin keramaian sepenuhnya ada di tangan Kepolisian.

“Kami berusaha untuk memberikan dukungan dan dorongan tapi kalau sudah menyangkut izin keramaian itu bukan ada di area kami, dan kami meyakini pihak Polri punya pertimbangan-pertimbangan yang mereka jadikan alasan kenapa kegiatan itu belum diizinkan atau kenapa kegiatan itu sudah diizinkan,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Liga 1 Belum Dapat Izin Keramaian Dari Polri, Menpora: Kami Tak Bisa Intervensi

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved