Breaking News:

Jadi Syarat Baru Jika Ingin Bepergian, Ini Kisaran Harga Rapid Test Antigen Covid-19

Tes ini dinilai lebih akurat dibandingkan tes antibodi karena dapat mengidentifikasi virus dalam sekresi hidung dan tenggorokan.

SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH
Petugas petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) KPU OKUS melaksanakan rapid test di Kecamatan Sindang Danau Kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumatera Selatan, Minggu (12/7/2020). 

SRIPOKU.COM -- Rapid tes antigen menjadi salah satu syarat baru yang harus dipersiapkan warga Indonesia jika ingin pergi ke luar kota.

Penerapan rapid test antigen ini sendiri sudah berlaku mulai hari ini, Jumat 18 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.

Tes ini dinilai lebih akurat dibandingkan tes antibodi karena dapat mengidentifikasi virus dalam sekresi hidung dan tenggorokan.

Pemeriksaannya juga dapat dilakukan di tempat yang mempunyai fasilitas biosafety cabinet.

Petugas dari unsur tiga pilar Kecamatan Bekasi Selatan mengadakan kegiatan rapid test massal di Alun-alun Kota Bekasi, Sabtu (12/12/2020) malam. Kapolsek Bekasi Selatan Kompol Imam Syafi'i mengatakan setelah pada pekan lalu dilakukan di Kelurahan Jakasetia, kegiatan rapid test massal kali ini diadakan di Kelurahan Marga Jaya.
Petugas dari unsur tiga pilar Kecamatan Bekasi Selatan mengadakan kegiatan rapid test massal di Alun-alun Kota Bekasi, Sabtu (12/12/2020) malam. Kapolsek Bekasi Selatan Kompol Imam Syafi'i mengatakan setelah pada pekan lalu dilakukan di Kelurahan Jakasetia, kegiatan rapid test massal kali ini diadakan di Kelurahan Marga Jaya. (Wartakotalive.com/Rangga Baskoro)

Rapid test antigen dapat digunakan dalam mendeteksi kasus orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) pada wilayah yang tak mempunyai fasilitas pemeriksaan Reverse Transcriptase-Polumerase Chain Reaction (RT-PCR).

Rapid test antigen hanya sebagai screening awal, yang hasilnya harus tetap dikonfirmasi dengan test RT-PCR.

Tes antigen juga disebut dapat mendeteksi protein virus corona saat virus di tubuh seseorang berada di tingkat paling menular.

===

Harga rapid test antigen

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, harga Rapid test Antigen cukup bervariasi namun harga tersebut berada kisaran Rp 350.000-Rp 499.000.

Halaman
1234
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved