Breaking News:

Libur Nataru Petugas Siaga di Entry Point Sumsel, Screening Pendatang di Titik Ini

Screening akan dilakukan di sejumlah titik keluar masuk wilayah Sumsel seperti di pelabuhan, terminal, stasiun, bandara serta berbagai titik lainnya.

ISTIMEWA
Pelda Zainal dan Serma Syafriwan patroli prokes covid di PIM 

PALEMBANG, SRIPO -- Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Selatan menyiagakan petugas khusus di sejumlah gerbang keluar dan masuk (entry point) di wilayah Sumsel jelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Hal ini ditujukan untuk proses penyaringan (screening) Covid-19 terhadap pendatang yang akan berlibur maupun keluar dari wilayah Sumsel.

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuraini, mengatakan, proses screening akan dilakukan di sejumlah titik keluar masuk wilayah Sumsel seperti di pelabuhan, terminal, stasiun, bandara serta berbagai titik lainnya.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Tidak Bisa Digratiskan Untuk Seluruh Masyarakat Indonesia, Ini Penjelasan Pemerintah

"Seluruh pendatang akan dicek kondisi kesehatannya mulai dari pengecekan suhu tubuh. Ini supaya mereka yang melakukan perjalanan benar-benar dalam kondisi sehat," katanya Selasa (15/12).

Nantinya, petugas kesehatan tersebut akan berjaga di posko Operasi Lilin 2020 yang dibentuk bersama beberapa instansi di antaranya kepolisian, Dinas Perhubungan dan lainnya.

"Mengenai jumlah posko dan personel akan ditentukan melalui rapat koordinasi pemerintah kabupaten/kota bersama Polres setempat. Saat ini baru beberapa daerah yang sudah menggelar rakor. Untuk jumlah pastinya, kami masih menunggu laporan dari kabupaten/kota," jelas Lesty.

Baca juga: Heboh RS Buka Pendaftaran Vaksin, Satgas :Jangan Bikin Bingung Masyarakat, Belum Saatnya Promosi

Menurut dia, Satuan Tgas Covid-19 Sumsel juga akan diterjunkan di sejumlah lokasi wisata. Mereka akan memantau pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19, baik oleh pengunjung maupun pengelola tempat wisata.

"Ada polisi pariwisata yang dilibatkan untuk melakukan pengawasan prokes di lokasi wisata," ujarnya.

Lesty mengimbau, masyarakat yang akan melakukan perjalanan pada libur akhir tabjn untuk tetap menjaga kesehatannya. Jika memang kurang sehat, masyarakat disarankan untuk berlibur ke luar kota.

Baca juga: Vaksin Tidak Seluruhnya Gratis, Wiku Adisasmito Tegaskan Bukan Masalah Anggaran

"Tetap di rumah saja. Kalaupun ingin berwisata, tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan," katanya lagi.

Dia menyebutkan, pihaknya juga telah menginstruksikan fasilitas kesehatan di sepanjang jalur mudik di Sumsel seperti puskesmas dan rumah sakit rujukan untuk tetap beroperasi selama libur pengujung tahun.

Pengoperasian berbagai fasilitas kesehatan tersebut dimaksudkan agar masyarakat masih tetap mendapat pelayanan kesehatan di saat cuti bersama.

"Puskesmas dan rumah sakit di jalur yang dilintasi pengendara lintas daerah juga kita minta untuk tetap beroperasi sehingga layanan kesehatan tetap optimal," ujar Lesty. (mg3)

Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved