Breaking News:

Gini Cara Alumni IPB Kampanyekan Hidup Sehat Demi Jaga Imunitas Tubuh & Lestarikan Tanaman Langka

Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor atau IPB, bersama para Bike to Nature di Kambang Iwak Palembang, lestarikan tanaman langka

Editor: adi kurniawan
Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB)
Dewan Pengurus Daerah (DPD) Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB), bersama para peserta Bike to Nature di Kambang Iwak Palembang, Minggu (22/11/2020). 

PALEMBANG, SRIPO -- Sebanyak 150 tanaman langka, ditanam oleh anggota dan pengurus Dewan Pengurus Daerah (DPD) Himpunan Alumni (HA) Institut Pertanian Bogor (IPB), bersama para peserta Bike to Nature di Kambang Iwak Palembang, Minggu (22/11/2020).

Kegiatan ini dilakukan untuk, melestarikan beberapa jenis tanaman yang sudah mulai langka, khususnya di Palembang.

Adapun bibit pohon langka yang ditanam ini adalah pohon ulin, keranji, bambang lanang, damar mata kucing, matoa, dan lain-lain.

"Kami sebagai Alumni IPB ingin memberikan manfaat lebih untuk masyarakat Sumsel khususnya Palembang, hari kegiatan sosial yang kita lakukan adalah mengkampanyekan hidup sehat melalui bersepeda dan donor darah."

"Terutama selama masa pandemi ini kita harus tetap menjaga tubuh agar tetap sehat," ujar Vagha Julivanto, Ketua Bike to Nature yang dipusatkan di Kambang Iwak.

Agar tetap memperhatikan protokol kesehatan maka konsep Bike to Nature dibuat virtual cycling, dimana setiap peserta start dari rumah masing-masing memilih rute sendiri dgn jarak minimal 25 kilometer, dan finish di Kambang Iwak untuk pengambilan medali.

"Ada 150 peserta yang mengikuti kegiatan ini sedangkan bibit pohon yang kami siapkan ada 100 pohon."

"Secara simbolis 5 pohon ditanam di Kambang Iwan Palembang dan yang lainnya akan di sebar di beberapa titik Kota Palembang," ujarnya.

Selain Bike to Nature, kegiatan rutin yang dilakukan HA IPB setiap tahun adalah donor darah.

Kegiatan donor darah tahun merupakan yang ketiga dengan target terus meningkat setiap tahun.

Tahun ini pihaknya menargetkan 200 kantong darah dari sebelumnya hanya 125 dan 165 kantong.

"Harapannya, dengan kegiatan ini bisa membantu PMI untuk memenuhi syok darah yang akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan," ujarnya.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra, Akhmad Nadjib mengapresiasi kegiatan yang rutin dilakukan Himpunan Alumni IPB ini.

"Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat, Bike to Nature artinya bagaimana menjadikan kita lebih dekat dengan alam."

"Aksi nyata kegiatan sosial yang dilakukan oleh para Alumni IPB ini sangat dibutuhkan untuk pelestarian alam dan kemanusiaan," ujarnya.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved