Nasional

Konferkab PWI Belitung Dinyatakan Deadlock, Dua Anggota Muda Memaksakan Kehendak, Menuntut Hak Pilih

Seorang wartawan yang baru masuk anggota PWI harus menjadi anggota muda selama dua tahun terlebih dahulu, baru kemudian naik jenjang jadi anggota bias

Editor: aminuddin
Humas Pemrov Sumsel
Ilustrasi. Gubernur Herman Deru da PWI Sumsel 

SRIPOKU.COM, TANJUNGPANDAN - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada akhirnya menunjuk MC Tedja Pramana, wartawan Pos Belitung (Kompas Gramedia Group) sebagai caretaker PWI Kabupaten Belitung menyusul deadlocknya Konferensi Kabupaten (Konferkab) PWI Kabupaten Belitung yang digelar, Jumat (21/8) lalu.

Carekater ini nantinya bertugas mempersiapkan dan menyelenggarakan konferkab setelah konferkab pertama gagal karena tidak terpenuhinya syarat jumlah anggota biasa dalam membentuk PWI cabang yang telah diatur dalam anggaran dasar dan peraturan rumah tangga (AD PRT) PWI.

"Nanti kita akan menerbitkan SK caretaker yang baru, dengan menambah personel seperti ketua, sekretaris, bendahara dan dua anggota. Jadi nanti carekater tidak kerja sendiri, ini kerja kolektif," kata Rudi Syahwani, Ketua Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Babel kepada Pos Belitung, Sabtu (22/8).

Video : Pengurus PWI Sumatera Selatan Bagikan Daging Kurban ke Lingkungan Sekitar

Menurutnya, terselenggaranya konferkab tergantung kecepatan kerja caretaker untuk memenuhi apa yang dipersyaratkan dalam membentuk PWI cabang sesuai AD PRT PWI.

Dimana pada Bab IV pasal 18 poin 2 AD PRT PWI disebutkan, PWI kabupaten/kota dibentuk untuk satu wilayah dan sekurang-kurangnya mempunyai tiga anggota berstatus anggota biasa.

Universitas Sumatera Selatan (USS) Jalin Kerjasama dengan PWI Sumsel, Ciptakan Sarjana Entrepreneur

"Jadi caretaker bisa mempersiapkan konferkab lebih baik lagi, apa kekurangan dalam konferkab kemarin.

Sebenarnya kita sudah tahu apa yang terjadi kemarin, salah satunya kurangnya jumlah anggota biasa.

Setelah itu terpenuhi segera selenggarakan konferkab," kata Rudi.

Pertamina EP Asset 2 Berikan Paket Semabko Kepada Insan Pers yang Tergabung di PWI Muaraenim

Memaksakan Kehendak

Sementara itu, deadlocknya Konferkab PWI Kabupaten Belitung terjadi karena ada dua orang peserta yang memaksakan kehendak untuk mendapatkan hak memilih dan dipilih.

Padahal keduanya adalah anggota muda PWI, pemegang sertifikasi kompentensi wartawan muda yang hanya punya hak mengemukakan pendapat tanpa hak memilih dan dipilih.

Hal ini diatur dalam Bab III pasal 10 poin 2 AD PRT PWI yang menyatakan bahwa, anggota muda, anggota luar biasa, dan anggota kehormatan dapat diundang menghadiri kongres, konferensi provinsi/kabupaten/kota, dan konferensi kerja provinsi/kabupaten/kota, serta dapat mengemukakan pendapat dan mengajukan usul atau saran.

Dandim 0404/Muaraenim Sambangi Sekretariat PWI Muaraenim

"Anggota muda tidak bisa mencalokan diri menjadi ketua PWI, ini amanat AD PRT.

Saya tidak berani menabrak AD PRT PWI, karena itu harga mati.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved