Breaking News:

Syarat Rapid dan Swab Dihapus

Wacana Dihapus dari Syarat Penerbangan: Ini Kelemahan dan Penjelasan Akurasi Rapid Tes, Swab dan TCM

Pihak maskapai bisa saja menolak dan menyuruh pulang penumpang yang hendak melakukan penerbangan, jika suhu badan mencapai 48 derajat celcius.

Penulis: Jati Purwanti | Editor: Hendra Kusuma
Istimewa/handout
Wacana Dihapus dari Syarat Penerbangan: Ini Kelemahan dan Penjelasan Akurasi Rapid Tes, Swab dan TCM 

SRIPOKU.COM-Wacana Dihapus dari Syarat Penerbangan berikut ini penjelasan tentang kelebihan dan Kelemahan dan penjelasan Akurasi rapid Tes, swab dan TCM.

Seperti diketahui, munculnya Wacana rapid test dan swab akan dihapus dari syarat penerbangan, bahkan ahli mikrobiologi Sumsel profesor Yuwono pun menjelaskan jika kedua test itu memang tidak perlu, karena ada alat deteksi suhu badan di Bandara.

Dijelaskan pula kelebihan dan kekurangan rapid tes dan swab, bahwa dua metode tes itu terutama rapid, sejak awal pandemi pihaknya telah menganjurkan agar rapid test tak perlu dilakukan jika hanya untuk mendeteksi dini antibodi seseorang kecuali rapid test untuk antigen.

Sebab, pihak maskapai bisa saja menolak dan menyuruh pulang penumpang yang hendak melakukan penerbangan, jika suhu badan mencapai 48 derajat celcius.

Meski rapid tes dan swab sudah lazim dilakukan sebagai bagian dari prosedur medis untuk mendeteksi virus Corona atau Covid-19, namun dalam sesi kali ini, ada beberapa penjelasan Kelemahan rapid tes, dan Penjelasan Akurasi Swab dan TCM.

Namun terlebih dahulu simak bagaimana penjelasan dari Profesor Yuwono terkait perlu atau tidaknya rapid test dan swab bagi calon penumpangan yang ingin melakukan perjalanan lewat penerbangan?

"Rapid test dan swab test tidak perlu untuk syarat penerbangan. Kalau suhu tinggi, 38°, artinya demam. Urusan juga tidak mendesak langsung suruh pulang. Kecuali ada gejala. Gejala apapun tidak boleh terbang," ujarnya pada Sumsel Virtual Fest dengan tema Pandemi Covid-19, Menyerah atau Menang, Rabu (5/8/2020).

Lantas apa fungsi rapit test, swab dan TCM berikut ini dilansir Sripoku.com dari berbagai nara sumber dan sumber dari Grid ID.

1. Rapid Test

Ketua Bawaslu Ogan Ilir, Darmawan Iskandar saat menjalani Rapid Test di Kantor Bawaslu Ogan Ilir, Selasa (14/7/2020).
Ketua Bawaslu Ogan Ilir, Darmawan Iskandar saat menjalani Rapid Test di Kantor Bawaslu Ogan Ilir, Selasa (14/7/2020). (SRIPOKU.COM/RESHA)

Seperti diketahui, bahwa Metode rapid test menggunakan sampel darah untuk menguji seseorang positif Covid-19 atau tidak.

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved