Berita Muratara

Achmad Bastarie: Pelaksanaan Muswil PAN Sumsel Harus Dikonsultasikan dan Dikoordinasikan dengan DPP

Jangan ujug ujug yang terjadi di DPW PAN Sumsel, dimana belum ada komunikasi dan koordinasi dengan DPP, baik lisan dan tulisan, tapi sudah membuat pan

SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI, HANDOUT
Ketua DPD PAN Muratara, Achmad Bastarie. 

SRIPOKU.COM, MURATARA - Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Musirawas Utara Achmad Bastarie mengatakan, apapun kegiatan atau agenda yang akan dilaksanakan oleh DPW ataupun DPD, seperti Muswil, Musda dan kegiatan lainnya, sebelumnya harus dikonsultasikan dan dikordinasikan dengan DPP di Jakarta. 

Pernyataan ini disampaikan Achmad Bastarie menyikapi pernyataan Wakil Ketua Umum DPP PAN Yandri Susanto terkait rencana Musyawarah Wilayah (Muswil) PAN Sumsel.
"Setelah kami mencermati pernyataan Waketum DPP PAN Yandri Susanto pada 28 Juni 2020 tentang rencana Muswil PAN Sumsel, ada beberapa hal yang ingin kami sampaikan kepada rekan sesama pengurus DPW dan DPD se Sumsel," kata Achmad Bastarie, Selasa (30/6/2020).
Dikatakan, Ketua Umum PAN sudah berulangkali menyatakan bahwa kongres sudah usai.
Kongres itu sudah menghasilkan pimpinan partai, seperti Ketum, Waketum, Sekjen dan pengurus lainnya.
Termasuk juga sudah memiliki Ketua MPP, Ketua Dewan Kehormatan dan Ketua Dewan Pakar.
"Karena itu, marilah kita semua kader PAN bekerja keras untuk membesarkan partai dengan satu komando yaitu DPP PAN," katanya.
Dikatakan, DPP PAN tentunya tidak menginginkan kader partai, baik itu pengurus DPW ataupun DPD ikut terpolarisasi atau terpecah belah akibat dari kongres yang sudah dilaksanakan di Kendari.
Pengalaman itu hendaknya tidak dilestarikan, apalagi diwariskan kepada DPW dan DPD serta kader akar rumput.
"Ketua Umum DPP PAN dalam berbagai kesempatan selalu menegaskan kepada kader PAN di seluruh Indonesia,.
Apabila ingin melaksanakan suatu kegiatan partai, baik itu Muswil atau Musda dan kegiatan lainnya, harus betul-betul baca itu pedomannya, baik itu AD/ART maupun peraturan partai dan tidak membuat aturan sendiri-sendiri," katanya.
Disebutkan, pernyataan Ketua Umum inilah yang menjadi landasan berfikir Wakil Ketua Umum Yandri Susanto yang menyatakan bahwa, DPW dan DPD sampai ke pengurus rayon dan sub rayon, adalah perpanjangan tangan DPP.
Pernyataan ini semata karena ingin menegakkan peraturan partai sebagaimana tertuang dalam AD/ART partai.
"Menurut ketentuan terbaru, semestinya, teman-teman pengurus DPW dan DPD jika ingin membuat kegiatan, langkah awalnya harus terlebih dulu koordinasi dan konsultasi dengan DPP di Jakarta.
Apalagi ingin melaksanakan Muswil, harus dari awal sudah ada komunikasi baik lisan maupun tulisan dengan DPP," ujarnya.
"Jangan ujug ujug yang terjadi di DPW PAN Sumsel, dimana belum ada komunikasi dan koordinasi dengan DPP, baik lisan dan tulisan, tapi sudah membuat panitia SC dan OC.
Inilah yang membuat pengurus DPP, khususnya Waketum Yandri susanto yang bertanggung jawab terhadap Muswil PAN di Sumsel merasa dilangkahi," sambungnya.
Dikatakan, mencermati pernyataan Waketum Yandri Susanto, bahwa seluruh personel SC sebelum ditetapkan dan bekerja, harus dikomunikasikan terlebih dulu kepada DPP PAN.
Karena DPP sudah jelas melihat bahwa, ada dua kekuatan yang ingin memperebutkan Ketua DPW PAN Sumsel periode 2020-2025.
Yaitu, kelompok Umar H Halim Cs dan Kubu Iskandar - Joncik.
Menurutnya, DPP melihat dua kekuatan ini justru sebagai aset besar bagi partai.
Karena itu, dalam menyongsong Muswil PAN Sumsel, kedua kelompok ini harus dilibatkan bersama dalam kepanitiaan.
Jangan sampai ada salah satu kelompok yang dikucilkan.
"Inilah barangkali yang membuat DPP merasa tidak nyaman. Mestinya dalam hal menempati personil untuk jadi panitia SC, haruslah dikonsultasikan terlebih dulu kepada DPP dan mendapat persetujuan DPP.
Ini sudah jelas tertuang dalam peraturan hasil Rakernas yang barusan dilaksanakan," katanya. (Ril)
Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved