Inilah 10 Tanaman Obat Populer yang Bisa Ditanam Sendiri: Jahe, Laos, Kencur hingga Daun Sirih

Tanaman obat adalah jenis tanaman yang sebagian atau seluruh isi tanaman tersebut, seperti daun, batang, buah, umbi (rimpang), hingga akar.

Inilah 10 Tanaman Obat Populer yang Bisa Ditanam Sendiri: Jahe, Laos, Kencur hingga Daun Sirih
www.acemaxsmalang.com
Kunyit atau Kunir. Selain sebagai tanaman obat-obatan populer, kunyit umumnya digunakan sebagai bumbu dapur, jamu, hingga kecantikan. Manfaat kunyit bagi kesehatan tak terlepas dari zat kurkumin yang terkandung di dalamnya.

SRIPOKU.COM - Sebelum menggunakan obat dokter, nyatanya sudah banyak orang Indonesia yang mencoba melakukan pengobatan menggunakan obat herbal. Tanaman obat-obatan tersebut ada ribuan jenisnya.

Dari total sekitar 40 ribu jenis obat tradisional yang telah dikenal di dunia, 30 ribunya diyakini berada di Indonesia. Meski demikian, ternyata hanya ada sekitar 9 ribu spesies obat herbal yang diduga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Lantas, apa saja tanaman obat-obatan yang bisa ditanam sendiri di rumah dan memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan?

1001 Khasiat Tanaman Obat Keluarga

Ramalan Bintang Cinta Senin 15 Juni 2020: Semuanya Berjalan Baik dalam Kehidupan Sinta Virgo

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

Apa itu tanaman obat?

Sesuai dengan namanya, tanaman obat adalah jenis tanaman yang sebagian atau seluruh isi tanaman tersebut, seperti daun, batang, buah, umbi (rimpang), hingga akar digunakan sebagai obat, bahan, atau ramuan obat-obatan.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) sendiri mendefinisikan obat herbal atau medicinal plants sebagai tanaman yang digunakan dengan tujuan pengobatan dan merupakan bahan asli dalam pembuatan obat herbal.

Kecenderungan masyarakat untuk mengonsumsi obat tradisional tentu tak terlepas dari gaya hidup back to nature. Akibatnya, masyarakat mulai beralih menggunakan bahan-bahan alami untuk meminimalisir efek samping obat-obatan kimia.

Apa saja manfaat tanaman obat bagi kesehatan?

Manfaat tanaman obat bisa berasal dari akar, batang, hingga daunnya. Satu jenis obat herbal bisa saja memiliki khasiat yang berbeda-beda dalam mengobati berbagai macam penyakit.

Cara Menyimpan Nasi Justru Bikin Nasi Bau. (Istimewa)
Halaman
1234
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved