Lapor Mang Sripo

Informasi Kartu Pra Kerja Dampak Virus Corona

Benarkah informasi yang beredar, warga diminta mengisi form usulan menerima manfaat Kartu Pra Kerja bagi kami yang kurang mampu terdampak Virus Corona

https://money.kompas.com/
Ilustrasi - Kartu Pra Kerja. 

SRIPOKU.COM - Kepada Yth Bapak Walikota Palembang.

Pak Wali numpang tanya, benarkah informasi yang beredar, warga diminta mengisi form usulan menerima manfaat Kartu Pra Kerja bagi kami yang kurang mampu terdampak Virus Corona.

Mohon penjelasannya. 08237414**

Update Kartu Pra Kerja di Sumsel, Sudah Ada 84 Ribuan Warga yang Daftar di www.prakerja.go.id

Ramalan Bintang Cinta Selasa 26 Mei 2020: Aries akan Melihat Sisi yang Tak Terduga dari Kekasihnya

Jangan lupa juga subscribe, like dan share channel Youtube Sriwijayapost di bawah ini:

JAWAB
Tenaga kerja di-PKH Dampak Virus Corona
Terima kasih atas pertanyaannya. Dapat dijelaskan bahwa program kartu pra kerja ini merupakan program Presiden Jokowi melalu Kemenaker. Karena kemaren sasarannya tenaga kerja muda yang baru tamat sekolah, untuk meningkatkan kompetensinya.

Seiring dengan bencana virus corona, diprioritaskan tenaga kerja yang di-PKH, di­ru­mah­kan atau UMKM yang terdampak dari virus corona. Termasuk tenaga formal maupun informal. Pendataannya dilakukan secara online baik melalui RT yang nantinya dite­rus­kan ke Disnaker Kota. Selanjutnya disalurkan oleh Disnakertrans Provinsi untuk ke Pusat.

Bisa juga melalui email pra kerja Sumsel yang dimiliki Disnakertrans Provinsi. Pintu ber­ikutnya melalui LPK (Lembaga Pelatihan Keterampilan) yang direkomendasikan Provinsi untuk melatih masyarakat. Nantinya Kementerian Tenaga Kerja akan meng­hubungi masyarakat langsung melalui email tadi. Syarat mutlat tadi harus ada email karena semua kegiatan melaui online untuk mengindari pertemuan. Ditunjuk melalui LPK yang ditunjuk pelatihan apa yang dipilih. Pemerintah yang membayar LPK tersebut sehingga gratis mengikuti pelatihan itu.

Dan jangan lupa juga subscribe, like dan share channel Instagram Sriwijayapost di bawah ini:

Setelah pelatihan, peserta nanti akan mendapatkan sertifikat. Perlu kita informasukan agar tidak salah kaprah, peeerta nanti tidaklah mendapatkan Rp 3 juta sekian. Yang didapat peserta nantinya selain mendapatkan sertifikat kepelatihan, juga diberikan insentif sebesar Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan pelatihan. Kemungkinan besar tidak cash tapi melalui email, lagi dibahas teknisnya apakah melalui barkot.

Karena dari Rp 3 jutaan itu, Rp 1 juta disisihkan untuk LPK. Untuk biaya survei Rp 150 ribu. Program ini sangat bagus dan membantu masyarakat untuk menambah keahlian kompetensi. Habis virus corona jadi pintar, yang di-PHK dapat sertifikat. (fiz)

Drs HM Yanurpan Yany MM
Kadinaker Kota Palembang

Jangan lupa Like fanspage Facebook Sriwijaya Post di bawah ini:

Facebook Sripoku
ilustrasi
https://covid19.go.id/p/berita/infografis-covid-19-25-mei-2020
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved