Berita OKI

PPDB 2020 di OKI Jika Sekolah Kelebihan Kapasitas Akan Dipindahkan ke sekolah Lain

Kepala Dinas Pendidikan OKI, H.M Amin S.Pd. MM, mengatakan, untuk sekolah yang melebihi calon peserta didik akan dialihkan ke sekolah terdekat lainny

SRIPOKU.COM / Nando
Kepala Dinas Pendidikan OKI, H.M Amin S.Pd. MM 

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG -- Kepala Dinas Pendidikan OKI, H.M Amin S.Pd. MM, mengatakan, untuk sekolah yang melebihi calon peserta didik akan dialihkan ke sekolah terdekat lainnya.

"Jika daya tampung sekolah lain pada wilayah zonasi yang sama sudah penuh, maka peserta didik disalurkan ke sekolah lain dalam wilayah zonasi terdekat," ujarnya, Selasa (19/5/2020).

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021 di Provinsi Sumatera Selatan dilakukan secara online.

Kebijakan itu tertuang ke dalam SE Menteri Kemdikbud No.4 Tahun 2020.

Permendikbud membahas soal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020 pada TK, SD, SMP, SMA dan SMK.

BOCAH Penjual Jalangkote Sempat Tak Ngaku Jadi Korban Bully ke Ibunya, Alasannya Bikin Haru!

 

Jelang Lebaran Idul Fitri Wajib Pajak di Samsat Wilayah III Palembang Membeludak, Lebaran Kedua Buka

Kepala Dinas Pendidikan OKI, H.M Amin S.Pd. MM, mengungkapkan mengenai pelaksaan kebijakan
pendidikan dimasa darurat penyebaran Covid-19 berkaitan dengan PPDB tahun 2020.

"Kami mengikuti peraturan pemerintah agar tidak ada kerumunan saat pendaftaran, karena itu dapat memutus penyebaran Covid-19," kata dia.

Ditambahkan Amin sesuai Permendikbud, ada penjelasan tentang jalur pendaftaran seperti jalur zonasi, prestasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orangtua atau wali.

"Jadi pembagian penerimaan siswa disetiap sekolah yaitu Zonasi 50 persen, Prestasi 30 persen, Apirmasi 15 persen, perpindahan 5 persen,"

"Jika sekolah memiliki jumlah hasil seleksi PPDB melebihi kapasitas sekolah, maka pihak sekolah wajib melaporkan kelebihan calon peserta didik kepada dinas pendidikan sesuai dengan kewenangannya," ungkapnya.

Menurutnya, menambah ruang kelas baru jika daya tampung untuk jalur afirmasi atau jalur perpindahan tugas orangtua atau wali tidak mencukupi, maka seleksi dilakukan berdasarkan jarak tempat tinggal terdekat ke sekolah.

Berkunjung ke Graha Tribun, Kapolda Sumsel dan Wawako Palembang Langsung Live Virtual Fest 2020

 

Jauh Dari Penampilan Bak Boneka Barbie, Begini Wajah Lucinta Luna 3 Bulan di Penjara, Laki Banget?

"Jika daya tampung untuk jalur prestasi tidak mencukupi, maka seleksi dilakukan dengan penentuan pemeringkatan nilai prestasi oleh sekolah," ungkapnya.

Disampaikannya, untuk pengumuman penetapan peserta didik baru dilakukan berdasarkan hasil rapat dewan guru yang dipimpin oleh kepala sekolah dan ditetapkan melalui keputusan kepala sekolah.

"Bila hal kepala Sekolah belum definitif, maka penetapan peserta didik baru dilakukan oleh pejabat yang berwenang," pungkasnya.

Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved