Breaking News:

Buya Menjawab

Supaya Hati Merasa Tenang

Mohon pencerahannya. Dalam suasana yang membuat hati kecut ini, apa yang sebaiknya kita lakukan supaya kita merasa tenang dan bersemangat.

Quantum Bioenergi
Ilistrasi - Setiap sesudah sholat fardlu seorang muslim melanjutkan dengan zikir padahal menurut Rasulullah SAW. siapa yang setiap sesudah sholat fardlu membaca ayat qursyi Allah SWT lindungi dia sampai waktu sholat berikutnya. Apabila ditambah dengan surah al-Ikhlas, maka tidak ada lagi yang menghalangi kalian masuk surga kecuali mati. 

SRIPOKU.COM - Assalamualaikum.Wr.Wb.
BUYA dalam suasana yang membuat hati kecut ini, apa yang sebaiknya kita lakukan supaya kita merasa tenang dan bersemangat. Mohon pencerahannya Buya. Terima kasih.
08965093xxxx.

Selain Mendapat Ketenangan Hati, Ini Keutamaan Surat Yasin Lengkap Doa Sesudah Membaca Surat Yasin

Apakah Buang Angin Dapat Sebarkan Virus Corona?

Jawab:
Waalaikumussalam.Wr.Wb.
Ananda, sebagai seorang muslim, sekurangnya 17 kali dalam sholat lima waktu kita membaca surah al-Faatihah, pada ayat kedua yang dibaca; ALHAMDU LILLAHI ROBBIL ‘AALAMIIN. Yang artinya; Segala puji bagi Allah yang menciptakan alam ini.

Pemahamannya, jika Allah SWT. Yang menciptakan alam ini (segala sesuatu selain Allah adalah alam) maka Allah pula yang memilikinya, mengaturnya dan memeliharanya. Jika kita yakin bahwa kita ini dipelihara/dijaga oleh Allah SWT. Tentu kita merasa aman dan tenang.

Lagi pula setiap sesudah sholat fardlu seorang muslim melanjutkan dengan zikir padahal menurut Rasulullah SAW. siapa yang setiap sesudah sholat fardlu membaca ayat qursyi Allah SWT lindungi dia sampai waktu sholat berikutnya. Apabila ditambah dengan surah al-Ikhlas, maka tidak ada lagi yang menghalangi kalian masuk surga kecuali mati.

Orang sedang berdzikir
Orang sedang berdzikir (IST)

Sebaiknya di dalam sholat tersebut ketika membaca surah al-Faatihah hendaklah dipahami maknanya, sebagaimana Rasulullah Saw. membaca surah al-Faatihah seayat-seayat, supaya Tadabbur fi jami'i qiraatina. yaitu memahami apa yang dibaca di dalam sholat, sehingga merasuk kedalam lubuk hati yang paling dalam.

Karena sebagian besar dari apa yang diucapkan di dalam sholat berupa pernyataan dan "audiensi" antara makhluq dan Khaliq. Sebagaimana menurut Abu Hurairah ra. Bahwasanya Nabi Muhammad saw. bersabda: "Siapa yang sembahyang dan tidak membaca Ummul Quran (Faatihah), maka sembahyang itu kurang, tidak sempurna."

Abu Hurairah ditanya. "Bagaimna jika kita dibelakang imam?" Jawabnya, "Bacalah dalam hatimu, sebab saya telah mendengar Nabi Muhammad saw. bersabda, Allah Azza wa Jalla berfirman, "Aku telah membagi shalat itu menjadi dua bagian, antara Aku dengan hamba-Ku, dan terserah bagi hamba-Ku apa yang dia minta".

Maka jika hamba-Ku membaca "Alhamdulillahi rabbil alamin". Jawab Allah, "Hamba-Ku telah memuji-Ku". Dan bila membaca, "Arrahmanirrahim", Jawab Allah, "Hamba-Ku bersyukur kepada-Ku".

Dan bila membaca, "Maaliki yaumiddin". Jawab Allah" Hamba-Ku telah memuliakan Aku (hamba-Ku telah menyerah kepada-Ku)". Maka jika membaca, "Iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'in". Jawab Allah,"Ini yang di antara-Ku dengan hamba-Ku dan terserah pada hamba-Ku apa yang ia minta".

Jika membaca, "Ihdinasshiratal mustaqim, shiratal lazdzina an'amta alaihim, ghairil maghdlubi alaihim waladh dhal lien". Jawab Allah, "Itu semua Aku beri pada hamba-Ku dan terserah pada hamba-Ku apa yang akan diminta." (HR.Muslim)

Dari keterangan di atas, dapat dipahami bahwa, apabila apa-apa yang diucapkan di dalam sholat tersebut dimengerti dan dijiwai dari lubuk hati yang paling dalam (hati Nurani), maka sholat tersebut akan bermakna dan bernilai aflikatif dalam kehidupan sehari-hari.

Maka setiap apa yang dia lakukan akan mendapat petunjuk dan hidayah Allah swt. dan sholat tersebut berfungsi "mencegah dari perbuatan keji dan munkar".

Dan jangan lupa juga subscribe, like dan share channel Instagram Sriwijayapost di bawah ini:

Demikianlah ananda walaupun dalam suasana yang mencekam karena berjangkitnya wabah corona, jangan pernah melalaikan sholat, disamping itu jaga nilai-nilai kebersihan menurut petunjuk ahli kesehatan. Semoga kita selamat dari hal-hal yang membahayakan. Aamiin. (*)

Jangan lupa Like fanspage Facebook Sriwijaya Post di bawah ini:

Facebook Sripoku
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved