Resmi Operasional, Tol Palembang-Kayuagung Gratis

Dia memprediksi pembebasan tarif diberlakukan selama dua minggu hingga satu bulan ke depan.

Tribunsumsel.com/Linda Trisnawati
Suasana di Jalan Tol Palembang-Kayuagung 

PALEMBANG, SRIPO -- Tol Kayuagung-Palembang-Betung (Kapalbetung) ruas Kayuagung-Palembang sepanjang 33 kilometer direncanakan resmi dioperasionalkan hari ini, Rabu (1/4). Jam operasional tol ini yaitu selama 24 jam.

Dengan dibukanya ruas tol ini maka akan menambah panjang ruas tol Trans Sumatera yang juga telah diresmikan sebelumnya.

Peresmian Jalan Tol Palembang Kayuagung Tunggu Tim BPJT, Besok Lusa Pembahasan Operasional

Kecelakaan Tunggal Mobil Minibus di Jalan Tol KM 4 Palembang-Indralaya Disebabkan Ban Belakang Pecah

"Kita memang tidak ada peresmian. Langsung beroperasional mulai buka pada Rabu nanti (1/4) pukul 07.00 WIB. Kita buka untuk umum dengan standar operasional, tapi belum bertarif," kata Deputi Pembangunan Jalan Tol Palembang-Kayuagung PT Sriwijaya Waskita Tol, Yusuf Ar Rosadi, Selasa (31/3/2020).

Menurutnya, pihaknya belum menentukan hingga kapan pembebasan tarif tol ini diberlakukan sebab masih menunggu keputusan tarif dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan Kementerian Perhubungan.

Dia memprediksi pembebasan tarif diberlakukan selama dua minggu hingga satu bulan ke depan.

"Bebas tarif tol sampai keputusan tarif dari kementerian keluar. Bisa dua minggu hingga satu bulan ke depan," ujarnya.

Yusuf mengatakan, dengan diresmikannya operasional tol ini, kini perjalanan ke Kayuagung dari Palembang bisa ditempuh selama 20 menit saja dengan kecepatan minimal 60 km per jam. "Jika mau ke Lampung bisa lebih cepat karena hanya memakan waktu sekitar 3 jam," katanya.

Yusuf menyebutkan, untuk kontruksi tol memang sudah rampung 100 persen untuk ruas dari Palembang ke Kayuagung. Namun, khusus untuk akses Jejawi masih dalam pengerjaan.

Beberapa fasilitas pendukung tol seperti imbauan dan peringatan berupa spanduk dan papan informasi sudah terpasang di sepanjang ruas tol.

"Marka jalan juga sudah terpasang sesuai standar. Untuk lampu penerangan jalan ditempatkan di sejumlah inter change. Untuk di sepanjang main road kita pasang mata kucing untuk penunjuk jalan," jelas dia.

Untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat pengguna tol, pihaknya pun menempatkan petugas di sejumlah titik bekerjasama dengan kepolisian, TNI, dan petugas jalan tol.

"Pintu masuk dan keluar tol di Palembang berada di Jakabaring. Nantinya akan terhubung ke Kayuagung dan Lampung," terang Yusuf. (mg3)

Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved