Ajarkan Gunakan Alat Tangkap Ikan Ramah Lingkungan, Dinas Perikanan Muba Gandeng BPPP

Seiring maraknya penangkapan ikan yang ada di sungai di Kabupaten Muba menggunakan alat yang tidak diperbolehkan, disiasati oleh Dinas Perikanan Muba.

sripoku.com/fajeriramadhoni
Sejumlah nelayan dan masyarakat ketika mengikuti pelatihan dan pembuatan tanggkap ikan yang dilaksanakan pada Dinas Perikanan Muba. 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Fajeri Ramadhoni

SRIPOKU.COM, SEKAYU - Seiring maraknya penangkapan ikan yang ada di sungai di Kabupaten Muba menggunakan alat yang tidak diperbolehkan, seperti setrum dan racun, disiasati oleh Dinas Perikanan Muba.

Dimana, Dinas Perikanan Muba menggandeng Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Tegal, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan memberikan pelatihan terhadap sejumlah nelayan yang ada.

Plt Kepala Dinas Perikanan Muba, Hendra Tris Tomy SSTP, mengungkapkan besarnya potensi perikanan di Kabupaten Muba dikarenakan terdapat dua sungai besar seperti Sungai Batanghari Sembilan dan Sungai Musi, belum termasuk anak sungai lainnya.

Hal ini menjadikan sumber daya ikan yang melimpah.

Inilah 7 Ide Kencan Hemat di Hari Valentine: dari Piknik, Pergi ke Museum hingga Memasak Bersama

Oleh karena itu, pihaknya memberikan pelatihan agar masyarakat mengetahui betapa pentingnya menjaga kelestarian ikan.

"Kita sebagai masyarakat Muba berkewajiban menjaga melestarikan dan keberlangsungan hidup Ikan sungai, agar tetap ada dan juga dibutuhkan.

Selain itu, ikan yang ada dapat dimanfaatkan menjadi olahan dan menjadi nilai tambah penghasilan masyarakat,"kata Tomy, Kamis (13/2/20).

Upaya yang dilakukan Dinas Perikanan dengan telah menjaga kelestarian perikanan di Musi Banyuasin, yaitu mensosialisasikan kepada masyarakat agar dalam penangkapan iklan menggunakan alat tangkap yang ramah terhadapat lingkungan dan kelestarian ikan.

“Saya pikir masih ada masyarakat dalam menangkap iklan dengan cara yang salah, seperti mengunakan setrum, racun yang dapat merusak keberlansungan habitat ikan.

Cara Honda Memenangkan Pasar Motor di Indonesia yang tidak Hanya Mengedepankan Produk Berkualitas

Halaman
12
Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved