Empatlawang Dilanda Gempa, Pusat di Kedalaman 2 Kilometer

Pusat gempa berada di darat 14 Km barat laut Empat Lawang. Koordinat gempa 3.61 LS-102.84 BT.

DOK. SRIPO
Gempa di Kedalaman 2 Kilometer 

PALEMBANG, SRIPO -- Gempa bumi magnitudo (M) 4,3 mengguncang Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan. Gempa dirasakan hingga Bengkulu.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa terjadi pada pukul 18.55 WIB, Jumat (31/1/2020). Kedalaman gempa 2 Km.

Doa Ketika Gempa Bumi Lengkap Bacaan Arab dan Latin Berikut Artinya, Pasca Gempa Banten 7,4 SR

Pusat gempa berada di darat 14 Km barat laut Empat Lawang. Koordinat gempa 3.61 LS-102.84 BT.

Gempa dirasakan dengan Skala MMI III di Kepahiang, Skala II-III di Linggau, Skala II-II di Curup dan Skala I-II di Bengkulu.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho ST, M.Si dalam rilisnya menyebut ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi Dangkal akibat aktivitas Sesar lokal wilayah setempat.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Kepahiang dengan Skala Intensitas III MMI, Di Linggau dengan Skala Intensitas II - III MMI, di Curup dengan Skala Intensitas II - III MMI, Di Bengkulu dengan Skala Intensitas I - II MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

"Hingga laporan ini dibuat pukul 19:21 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut," ujarnya.

Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved