Berita Palembang

Perjalanan Panjang Mahasiswa Asal Muaraenim dari China ke Indonesia untuk Menghindari Virus Corona

Adam, mahasiswa Asal Desa Tebat Agung Muara Enim Sumsel yang berkuliah di Jiansu Normal University, China, akhirnya sampai di Jakarta.

Perjalanan Panjang Mahasiswa Asal Muaraenim dari China ke Indonesia untuk Menghindari Virus Corona
SRIPOKU.COM/Handout
Adam mahasiswai asal Muaraenim saat tiba di Jakarta usai melakukan perjalanan panjang dari China menuju Indonesia karena virus Corona. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Setelah melalui perjalanan panjang dari China ke Indonesia, Adam Amrismafasyah, Mahasiswa Asal Desa Tebat Agung, Muara Enim, Sumsel yang berkuliah di Jiansu Normal University, China, sampai di Jakarta Pukul 15.30, Jumat (31/01/2020).

Adam ini dianjurkan pulang ke Indonesia terkait maraknya wabah virus Corona yang saat ini tengah melanda Wuhan China.

Adam bercerita selama perjalanan menuju ke Indonesia, dia dan 14 orang rombongan mahasiswa Indonesia lainnya melewati pemeriksaan yang ketat di Bandara Lukou, Kota Nanjing.

“Selama di China pemeriksaannya ketat, diperiksa dimana-mana, pemeriksaan yang dilakukan berupa mengukur suhu panas tubuh, namun banyak sekali, hampir setiap gate ada pemeriksaan,” ujarnya ketika dihubungi melalui pesan whatsapp.

Sebelum sampai di Jakarta, Adam dan rombongan transit di Thailand, namun tidak seperti di China, Adam hanya diminta untuk mengisi formulir kesehatan saja.

Pengalaman yang tidak terlupakan baginya, ketika merasakan hampir semua kota menjadi sepi karena imbauan dari pemerintah untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah jika tidak dalam kondisi terdesak.

“Meskipun jarak kota Jiansu ke Kota Wuhan seperti antara dari Palembang ke Yogyakarta, namun inisiatif untuk pulang ke Indonesia semakin kuat karena saran dari pemerintah dan keluarga,” kata Adam.

Kapolres OKU AKBP Tito Hutauruk SIK Bantu Biaya Operasi Katarak untuk Rebo

DLH Lubuklinggau Kewalahan Atasi Sampah Berserakan di Sepanjang Jalan, Ini Penyebab dan Solusinya

Tim Gabungan Pemkab PALI Tinjau Lokasi Banjir di Dua Desa, Serahkan Bantuan Sembako kepada 824 KK

Dia menambahkan, tidak ada data valid berapa jumlah mahasiswa Sumsel yang ada di China, namun ada tiga orang temannya yang bertahan di China, dan satu diantaranya orang Palembang.

“Saya tidak tau alasan mereka tidak pulang, mungkin terkendala biaya,” ujar alumni SMAN 2 Prabumulih ini.

Mahasiswa kelahiran Maret 2000 ini, mendapatkan beasiswa partial di China, masuk jurusan International Economic and Trade, masuk pada semester empat, Adam masih harus menyelesaikan kuliah sekitar dua setengah tahun lagi.

Dia menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan, jika hendak berpergian ke luar negeri harap menggunakan masker dan rutin mencuci tangan.

“Selain itu, jangan sembarangan body contact dengan orang lain ketika di luar negeri,” ujarnya.

Penulis: maya citra rosa
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved