Lapor Mang Sripo

Daerah Rentan Bencana

Melalui “Lapor Mang Sripo” kami ingin menanyakan kepada pihak terkait, bahwabeberapa hari terakhir kondisi cuaca di Sumsel sedang ekstrim. Yang jadi p

Daerah Rentan Bencana
SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA
Ilustrasi - Sejumlah warga Desa Kalirejo harus berhati-hati melintasi jebatan yang diatas aliran sungai Kalirejo yang selalu meluap hingga 1 Meter setiap hujan turun. 

SRIPOKU.COM - KepadaYth Pihak BMKG Palembang. Melalui “Lapor Mang Sripo” kami ingin menanyakan kepada pihak terkait, bahwa beberapa hari terakhir kondisi cuaca di Sumsel sedang ekstrim.

Yang jadi pertanyaan , daerah mana sajakah yang rentan terkena bencana?

Terima kasih 08787855xxx

Warga Palembang Diminta Waspada Cuaca Ekstrim dan Angin Puting Beliung Berikut Prediksi BMKG

Jalan dan Pemukiman Terendam, BPBD Mura: Cuaca Ekstrim Warga Diimbau Waspada Banjir

Ramalan Bintang Scorpio di Tahun 2020: dari Asmara, Rezeki, Kesehatan dan Karir Scorpio akan Kukses

Jawab:
Kawasan Bukit Barisan
Terima kasih atas pertanyaannya. Berkaitan dengan pertanyaan diatas, seiring masuknya musim hujan di wilayah Sumsel pada skala meteorologi dengan indikasi menguatnya Angin Muson Cina Selatan yang sarat uap air dan melalui wilayah Indonesia.

Tingginya curah hujan dalam beberapa waktu belakangan ini membuat debit air sungai di Kabupaten Musiawas meningkat. Selain karena hujan, peningkatan debit air ini juga diakibatkan kiriman dari daerah Lahat dan Empat Lawang yang alirannya masuk ke Sungai Musi yang melintasi wilayah Kabupaten Musirawas. Tamoak Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Musirawas, Paisol monitoring air sungai di Desa Pelawe Kecamatan BTS Ulu.
Ilustrasi - Tingginya curah hujan dalam beberapa waktu belakangan ini membuat debit air sungai di Kabupaten Musiawas meningkat. (SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI)

Wilayah Sumsel khususnya, akan ter­jadi peningkatan curah hujan dan adanya potensi hujan disertai petir dan angin kencang yang um­umnya terjadi pada siang-sore hari. Sedangkan potensi hujan ringan-sedang yang berlangsung lama (kontinyu) terjadi pada malam-dini hari.

Curah hujan di wilayah Sumsel bias terjadi di bagian barat yakni pada wilayah dataran tinggi (Bu­kit Barisan) yang akan berdampak potensi adanya bencana banjir bandang dan tanah longsor pada wilayah Kabupaten Musi Rawas, Kota Lubuk Linggau, Kabupaten Empat Lawang, Kabu­paten Lahat, Kabupaten Muratara, Muba, PALI, dan Muara Enim.

Sedangkan Potensi Bencana angin kencang, puting beliung dan berpotensi melanda Pagar Alam, Prabumulih, Banyuasin, Palembang, OKI, OI, OKU Timur, OKU dan OKU Selatan. (Oca)

Bambang Beny Setiaji
Kasi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

Like Facebook Sriwijaya Post Ya...

Keterangan:
Jika Anda ingin menyampaikan keluhan, kritik dan saran tentang pelayanan publik, silahkan mengirimkan ke: SMS: 0811710188, Fax: 0711-447071, E-mail: sriwijayapost@yahoo.com, Facebook: Sriwijaya Post

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved