Human Interest Story

Najwa Shihab Ajak Siswa Muba Membaca

Di era saat ini dimana teknologi terus berkembang, tentu bukan perkara mudah untuk meningkatkan minat baca buku di kalangan anak-anak peserta didik.

Najwa Shihab Ajak Siswa Muba Membaca
Kolase Sripoku.com/Instagram/NajwaShihab
Najwa Shihab 

Pesatnya kemajuan teknologi saat in, tidak diimbangi dengan penggunaan perangkat teknologi modern yang ada, dimana peningkatan minat baca sangat diperlukan. Oleh karena itu, upaya meningkatkan minat baca atau mengalakkan literasi di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terus digencarkan. Dan ini menjadi sorotan secara langsung Duta Baca Indonesia Najwa Shihab. Bahkan, hadir secara langsung pada cara Talkshow interaktif literasi digital bersama Duta Baca Indonesia, sekaligus launching majalah literasi arsip berjaya dan launching Aplikasi i-Muba di Opprom Pemkab Muba, Kamis (12/12/19).

"Baru di Muba ini, saya perhatikan sangat serius dalam upaya meningkatkan minat baca di kalangan peserta didik, dengan pembentukan Duta Baca hingga ke pedesaan, saya apresiasi upaya tersebut," ujar Najwa Shihab yang akrab disapa mbak Nana.

Menurutnya, di era saat ini dimana teknologi terus berkembang, tentu bukan perkara mudah untuk meningkatkan minat baca buku di kalangan anak-anak peserta didik.

"Namun, saya lihat pak Bupati dan ibu Thia punya jurus jitu untuk menghadapi itu semua, saya pun kagum dengan upaya-upaya yang telah dilakukan, prinsipnya, saya siap bantu ibu Thia dan pak Bupati Dodi Reza untuk all out terus meningkatkan minat baca di Muba ini," ujarnya.

Dikatakan, sebagain orang sering kali salah membaca kenapa demikian, karena membaca merupakan skil yang harus terus dilakukan. Pada dasarnya manusia harus terus mengasa kemampuan tersebut, apabila tidak terus dilatih, contohnya mengantuk dan lelah pada saat membaca.

"Kalau mau cepat memahami sebuah teks. ya harus sering latihan, saya sewaktu kecil sering dibiasakan oleh orangtua dengan mencintai ilmu. Salah satunya dengan membaca, karena waktu kecil saya sering dibacakan buku oleh ibu saya," kata Najwa.

Sementara Ketua TP PKK Muba Thia Yufada yang juga sebagai Bunda Baca Muba mengatakan, saat ini bukan hanya menumbuhkan minat baca lagi bagi, tapi bagaimana supaya anak-anak paham apa yang dibaca.

"Bagi saya saat ini bukan hanya menumbuhkan minat baca lagi, tapi saya harap anak-anak itu sudah paham apa yang mereka baca," ungkap mantan Presenter Metro TV tersebut.

Bupati Muba Dodi Reza Alex mengungkapkan, Pemkab Muba mendapatkan suatu kehormatan dengan kedatangan Najwa Sihab di Kabupaten Muba. Biasanya warga Muba selalu melihatnya di statisun televisi, kini bisa langsung bertemu.

"Dahulu sewaktu di DPR RI, saya sempat diwawancara mbak Nana (Najwa Shihab). Beliau ini merupakan sosok yang Smart, kita berharap kecerdasan mbak Nana bisa menular di siswa dan siswi di Kabupaten Muba," kata Dodi.

Lanjutnya, ada sekitar 76 duta baca siswa yang ada di Kabupaten Muba saya percaya dengan banyaknya duta baca semakin meningkatkan tingginya minat baca di Kabupaten Muba.

"Kalau bicara tentang literasi digital tentunya kita harus bisa melakukan upaya-upaya dalam meningkatkan minat baca anak-anak, sehingga anak-anak bisa memahani informasi yang baik dan benar. Pesan kami terhadap anak-anak yang menjadi duta baca, tuangkan kemampuan kalian terhadap anak-anak yang lainnya dan sekolah lainnya," jelasnya. (dho)

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved