Kini Baca Buku tak Ubahnya Menonton Televisi, Teknologi Ini Bikin Gambar di Buku Bergerak

Baca buku tak lagi membosankan karena kini sudah tak ubahnya seperti menonton bioskop lantaran gambar di buku bisa bergerak.

sripoku.com/jati
Karyawan memperlihatkan buku teknologi AR yang dipamerkan di lantai dasar PCC Mal atau transmart, Kamis (5/12/2019). 

Laporan wartawan sripoku.com, Jati Purwanti

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Aktivitas membaca buku mungkin terasa membosankan, apalagi untuk kalangan anak-anak. Vesakha Grup, distributor Buku Ajaib, kini mengajak masyarakat bagaimana cara cerdas baca buku.

Lewat produk tersebut saat ini hanya buka buku, lalu tapping gambar di halaman tersebut, secara otomatis gambar keluar bak bioskop. Hal ini dikarenakan ada teknologi Augmented Reality (AR) yang disematkan dalam buku terbitan PT Aku Bisa tersebut.

Ketahui Karakter Generasi Alfa yang Akrab dengan Teknologi dan Internet

"Jadi anak-anak tinggal tapping halaman maka semua gambar akan masuk dalam gawai pintar. Dengan begini anak-anak tinggal menonton apa yang disajikan dalam buku tersebut," kata Owner Vesakha Grup, Yuli Setiawan di sela-sela kegiatan launching buku ajaib di hall lantai dasar Palembang City Center (PCC) Transmart Palembang, Kamis (5/12/2019).

Tak tanggung-tanggung, pola gambar yang keluar pun tidak hanya menyajikan visualisasi tiga Dimensi (3D) saja, namun juga mengusung teknologi empat Dimensi (4D) yang mengolaborasikan gambar yang benar-benar hidup hingga teknologi 5 Dimensi (5D) yang mampu mengajak pembaca langsung berinteraksi dengan visualisasi gambar yang tersaji.

Pelaku Ritel di Palembang Digandeng BSB untuk Menggunakan Teknologi Digital Via Tabungan Pesirah

Teknologi AR menjadikan gambar-gambar di halaman buku tidak lagi diam, melainkan dapat bergerak dan bersuara.

Teknologi AR menjadi cara baru dalam membaca buku.

Gawai (gadget) dapat memberikan dukungan positif bagi peningkatan minat baca generasi muda.

Ini merupakan solusi cerdas yang memadukan daya tarik smartphone dengan teknologi AR yang memberikan nilai tambah bagi buku.

RS Berlomba Tonjolkan Keunggulan Teknologi

Gambar dua dimensi di buku dapat diproyeksikan menjadi gambar tiga dimensi bersuara. Ini adalah sebuah pengalaman baru dalam membaca buku.

Buku terbitan PT Aku Bisa berteknologi AR, diantaranya Ensiklopedia Mengenal Sains 10 jilid, Ensiklopedia Sains Spektakuler 18 jilid dan mengenal mengenal Ilmu memuat 12 jilid.

PT Aku Bisa adalah perusahaan penerbitan buku-buku Ensiklopedia Nasional yang terus berusaha memberikan kontribusi signifikan bagi perkembangan pengetahuan anak-anak Indonesia.

Salah satu caranya adalah dengan menyediakan buku-buku bermutu.

Memasuki Kuartal 4-2019, Telkomsel Fokus Percepatan Pemerataan Infrastruktur Teknologi Broadband

"Perkembangan zaman dan teknologi telah mendorong kami untuk berinovasi dengan menyediakan buku berbasis teknologi Augmented Reality (AR) bagi pembaca muda," kata Yuli.

Bagi yang penasaran, sebut dia, bisa langsung mendatamgi areal pameran di hall lantai dasar Transmart Palembang. Selama tiga hari ke depan akan diberikan promo khusus, mulai dari diskon 20 persen, program cicilan nol persen dari bank Mandiri hingga pola pembayaran dengan LinkAja.

Setiap buku pun dibanderol dengan harga yang terjangkau saja yaitu hanya Rp299 ribu . "Nanti tiap buku ada paket khusus yang memuat enam buku sekaligus," ujarnya.

Penulis: Jati Purwanti
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved