Ketahui Karakter Generasi Alfa yang Akrab dengan Teknologi dan Internet

Menjadi orangtua untuk anak-anak generasi alfa, yakni anak yang lahir pada rentang tahun 2011-2025 memang tak mudah.

https://www.facebook.com/Infokotim2019/
Ilustrasi - Akibat anak sering main hp. 

SRIPOKU.COM- Menjadi orangtua untuk anak-anak generasi alfa, yakni anak yang lahir pada rentang tahun 2011-2025 memang tak mudah.

Apalagi, anak-anak dari generasi ini begitu kritis yang tentu akan membuat repot orangtua dengan pertanyaan-pertanyaan ajaibnya. Yuk kenali generasi alfa yang lahir dari orangtua generasi millenial ini.

Anak generasi alfa ini lahir di era perkembangan tekologi dan internet yang begitu pesat. Karenanya, generasi alfa cenderung mudah tertarik dengan gawai dan teknologi.

Wajib Disimak, Inilah 6 Kesalahan Keuangan Terbesar Generasi Milenial

Begini 4 Cara Cerdas Belanjakan Gaji Pertama Generasi Milenial dan Gen Z

“Kita sebagai orangtua biasanya panik ya. Karena takut dengan mata rusak, gadget freak, dan sebagainya,” kata psikolog Liza M Djaprie dalam Indonesian Women’s Forum 2019 di gandaria City Hall, Jakarta Selatan, Kamis(21/11/2019).

Generasi alfa kelak akan menjadikan media sosial dan teknologi sebagai jalan hidup mereka. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang menganggap media sosial dan teknologi hanya sebagai sebuah eksistensi.

“Untuk itu pendekatannya sama anak-anak alfa itu harus berbeda,” kata Liza.

Mereka sudah online secara terintegrasi, bahkan sejak belum lahir. Hal ini di ditandai dengan meternity shoot yang dilakukan ibu saat hamil, atau juga anak yang sudah memiliki akun media sosialnya sendiri.

Anak dari generasi ini juga tak menyukai berkirim pesan seperti, mengirim email atau chatting melalui aplikasi. Generasi ini lebih suka dengan audio visual. Mereka lebih suka dengan video.

“Jadi cara kita menghadapi mereka adalah dengan melakukan pola komunikasi yang menarik, dengan audio visual misalnya,” kata Liza.

Anak-anak alfa juga cenderung akan sangat addictive dengan gadget dan tekhnologi.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved