News Video Sripo

Video: Wujudkan Desa Wisata, Muaraenim Datangkan Penggiat Dan Pemerhati Wisata

Wujudkan Desa Wisata, Muaraenim Datangkan Penggiat Dan Pemerhati Wisata Sebagai bentuk keseriusan Pemkab Muaraenim meningkatkan wisata terutama di des

Wujudkan Desa Wisata, Muaraenim Datangkan Penggiat Dan Pemerhati Wisata

SRIPOKU.COM, MUARAENIM- - Sebagai bentuk keseriusan Pemkab Muaraenim meningkatkan wisata terutama di desa-desa, Balitbangda Kabupaten Muaraenim mendatangkan Penggiat dan Pemerhati Wisata Desa dari Palembang dan Yogyakarta dalam kegiatan Workshop Replikasi Desa Wisata kegiatan Difusi lnovasi dan Penerapan Teknologi Tahun 2019 di aula Pangripta Sriwijaya Bappeda Muaraenim, Rabu (4/12/2019).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Muaraenim yang diwakili Kepala Balitbangda Kabupaten Muaraenim M Tarmizi Ismail SE MSi, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Muaraenim, Pimpinan Perusahaan BUMN, BUMS, Camat, Kades dan 70 orang peserta dari Desa/Kelurahan, Pendamping Desa/P3MD Kecamatan dan P3MD Kabupaten terdiri dari 14 Desa/Kelurahan dari 12 Kecamatan.

Para Narasumber Workshop Aplikasi Desa Wisata yakni Desloehal Djumrianti SE, MIS, Ph.D (Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang), Istianto Ari Wibowo SE (Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta),
Sugeng Handoko ST (Pokdarwis Nglanggeran Desa Nglanggeran Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi D.I.
Yogyakarta).

Alami Depresi Berat Gegara Komentar Jahat, Ini Kata Kang Daniel, Hiatus Sementara dari Dunia Hiburan

Kronologi Lengkap Perempuan Pedagang Nasi Uduk Dibegal Tiga Pria, Pelaku Keluarkan Pedang

"Terimakasih kepada Narasumber yang telah datang jauh-jauh dari Yogyakarta dan Palembang untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam Pengembangan Desa Wisata dan Ekonomi Kerakyatan," ujar Tarmizi.

Dikatakan Tarmizi, Sektor Pariwisata merupakan salah satu sektor yang secara terus menerus diupayakan pengembangannya agar dapat didayagunakan sebagai salah satu sektor andalan dalam kegiatan perekonomian daerah.

Berkembangnya kegiatan pariwisata disuatu daerah akan memberikan pengaruh dan dorongan pembangunan sektor-sektor lainnya, khususnya dalam hal memperluas lapangan kerja dan peluang usaha dalam rangka ekonomi kerakyatan.

Bantu Keluarga, Teman-teman Kuliah Juliana Ikut Mencari, Sudah tidak Kuliah Sejak Jumat

Menyadari bahwa sektor pariwisata merupakan salah satu sektor potensial yang mampu menjadi motor penggerak pembangunan daerah maka kegiatan pembangunan kepariwisataan merupakan
salah satu prioritas yang mendapat perhatian daIam perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Muaraenim.

Sektor pariwisata bagi Kabupaten Muaraenim memiliki peran penting dimasa depan daIam pembangunan ekonomi daerah di Kabupaten Muaraenim.

Pemuda Banyuasin III Ini Diamankan Saat Berada di Jalan PSI Kenayan karena Bawa 2 Bilah Sajam

Dari kegiatan ini, lanjut Tarmizi akan menambah ilmu dan wawasan serta pembelajaran bagaimana pengembangan pariwisata khususnya desa wisata dari desa yang telah berhasil mengembangkan desanya.

Dan contohnya adalah Desa Nglanggeran yang berhasil menjadi daerah tujuan pariwisata yang bisa mengangkat ekonomi masyarakat desa tersebut, sehingga kita bisa mereplikasi inovasi Desa Wisata yang telah berhasil agar bisa diduplikasi oleh desa-desa dalam Kabupaten Muaraenim.

Jelang Pergantian Tahun Banyak Objek Wisata Baru Bermunculan di Pagaralam

Bagi para peserta Desa/Kelurahan selesai dari mengikuti workshop ini, sambung Tarmizi, bisa diterapkan pada Desa/Kelurahan masing-masing dan khususnya bagi para Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD)/Pendamping Desa bisa menjadi kader atau perpanjangan tangan untuk mendampingi desa dalam mengembangkan Desa Wisata pada kecamatannya masing-masing.

Keseruan Kegiatan Literasi Informasi Pertanian di SMK PP Negeri Sembawa

Tujuan dari kegiatan ini adalah mereplikasi inovasi Desa Wisata yang telah berhasil agar bisa diimplementasikan oleh desa dalam Kabupaten Muaraenim untuk mewujudkan Muaraenim Merakyat.

Adapun sasaran kegiatan ini adalah aparatur pemerintah dan kelompok masyarakat yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam sektor pariwisata terutama desa-desa yang mempunyai potensi pariwisata di desanya.(ari)

Usman Bawa Senjata Api Rakitan dan Sajam untuk Berjaga-jaga dari Musuhnya yang Ada di TKP

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Rahmad Zilhakim
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved