Mungkinkah Sejarah Lama Terulang, Kuryana dan Johan Kembali Bersatu

Mungkinkah sejarah lama terulang Drs H Kuryana Azis dan Drs Johan Anuar SH MM kembali bersatu.

Mungkinkah Sejarah Lama Terulang, Kuryana dan Johan Kembali Bersatu
SRIPOKU.COM/LENI JUWITA
Drs Kuryana Azis dan Drs Johan Anuar 

Mungkinkah sejarah lama terulang Drs H Kuryana Azis dan Drs Johan Anuar SH MM kembali bersatu. Ini masih menjadi pertanyaan besar bagi masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ulu yang belum kunjung terjawab.

Bila diperhatikan gejalanya memang mirip dengan kisah 4,5 tahun yang lalu. Drs H Kuryana Azis (bupati) mengambil formulir diparpol Nasdem, Golkar, PDIP. Orang nomor 1 OKU ini mengambil formulir untuk nomor 1 (bupati). Begitu juga dengan Drs Johan Anuar SH MM, sudah mengambil formulir untuk nomor 1 (bupati) Johan sudah mengambil formulir dipartai Golkar, PDIP , Hanura. Baik Kuryana maupun Johan datang secara terpisah untuk mengambil formulir pencalonan Bupati OKU pada Pilkada 2020 mendatang. Masing-masing sudah mengambil ancang-ancang untuk saling bertarung pada pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Pasca petahana mengambil formulir pendafataran disejumlah partai politik sekitar sebulan lalu, suhu politik agak naik. aroma pecah kongsi antara bupati dan wakil bupati mulai tercium. Sejumlah pengamat politik amatiran mulai ramai membahas isu pecah kongsi ini. Ada yang pro dan ada yang kontra , komentar diwaurng politik juga mulai ramai, ada yang bilang bupati tentunya ingin melanggengkan kekuasaan satu periode lagi. Sementara sang wakil ingin tentu tidak mau selamanya menjadi wakil, pasti ingin menaikan levelnya dari wabup menjadi bupati. Bahkan dibeberapa acara terihat bupati dan wabup jarang hadir secara bersamaan entah karena memang jadwalnya berbeda atau ada faktor lain.

Situasi ini mirip 4,5 tahun lalu disaat Kurayana Azis dan Johan Anuar sama-sama akan maju mengambil formulir untuk nomor 1. Keduanya sama-sama bersikukuh akan maju sendiri-sendiri. Namun ditengah perjanalan tepatnya ketika Hj Percha Leanpuri maju mencalonkan diri untuk mengikuti Pilkada 2014-2019. Terjadi perubahan politik diluar prediksi, Kuryana dan Johan bersatu, sejarah lama ini kini menjadi buah bibir dimasyarakat OKU.

Sinyal ini terlihat beberapa minggu belakangan ini muncul isue yang menyebutkan ada kekuatan besar yang dipastikan akan menyatukan kembali kedua petahana ini. “Kekuatan ini benar-benar luar biasa, penutupnya bukan sekam tapi tanah,” kata salah seorang sumber sambil menegaskan apabila sudah dikonci maka tidak ada pilihan lain kecuali Kuryana dan Johan bersatu kembali.

Sinyal keduanya akan berpasangan kembali kian hari kian terlihat, indikasinya disetiap acara yang diselenggarakan dijajaran Pemkab OKU baik Kuryana Azis maupun Johan Anuar selalau tampil bersama memberikan hadian dan berfoto bersama. Pemandangan ini seperti mengisyaratkan bahwa petahana akan menjadi pasangan abadi. Suasana ini disambut gembira oleh sebagian besar ASN dijajaran Pemkab OKU. “Kami ASN ini lebih nyaman kalau beliau berdua kembali bersatu,” kata salah seorang ASN sambil mengatakan apabila petahana maju sendiri-sendri maka berpotensi ASN akan terbelah.

Dikesempatan terpisah, Bupati OKU Drs H Kuryana Azis menyatakan tidak tertutup kemungkinan dia dan Johan akan kembali bersatu maju dipilkada 2020.

Sedangkan Wakil Bupati OKU Drs Johan Anuar SH MM menyatakan semua kemungkinan masih terus dipikirkan. Begitu juga saat ditanya apakah sudah bulat akan kembali berpasangan dengan Kuryana, Johan menyatakan masih dipikir-pikir. (eni)

Penulis: Leni Juwita
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved