Human Interest Story

AGNEZ MO: Saya Enggak Bisa Pilih

Menurut Agnez, pernyataannya sangat panjang dan tak bermaksud seperti potongan video yang secuil itu.

AGNEZ MO: Saya Enggak Bisa Pilih
Kolase Sripoku.com/Instagram/@agnezmo
Kontroversi Agnez Mo 

PENYANYI Agnez Mo menjawab ihwal pernyataannya yang sempat menuai pro dan kontra. Agnez Mo sempat memantik perhatian warganet ketika potongan video dirinya yang mengaku tak memiliki darah Indonesia beredar di media sosial.

Pernyataan itu dilontarkan Agnez dalam sesi wawancara dengan Build Series by Yahoo, baru-baru ini. Padahal, menurut Agnez, pernyataannya sangat panjang dan tak bermaksud seperti potongan video yang secuil itu.

Dalam sebuah video yang diunggah Deddy Corbuzier di Channel YouTube-nya, Kamis (28/11), Agnez memberikan penjelasan, termasuk soal darah keturunan yang dimilikinya. Dalam video itu, Deddy bertanya kepada Agnez soal dirinya yang tak memiliki keturunan Indonesia sama sekali.

Agnez dengan gamblang menjawab tidak. Oleh karena itu, Agnez tak bisa memungkiri atau pun mengelak bahwa faktanya memang ia tak memiliki darah Indonesia. "Makanya saya enggak bisa ngomong kalau misalnya saya orang Jawa atau saya ada darah Melayu karena memang saya enggak punya darah itu," ucap Agnez Mo.

Menurutnya, konteks pembicaraannya saat itu adalah darah yang dimilikinya, bukan soal kewarganegaraan dan lainnya. "Tapi kan konteksnya saya bilang bahwa DNA atau darah itu kan saya enggak bisa pilih. Tapi kan saya selalu bilang saya orang Indonesia, saya warna negara Indonesia," kata Agnez.

Bercermin dari hal tersebut, lanjut Agnez, kita tak bisa menyamakan topik pembicaraan antara darah keturunan secara biologis dan status kewarganegaraan.

Karena memang pada dasarnya adalah dua hal yang berbeda. "Tapi saya rasa orang tahu kok spirit saya di mana. Saya pertama kalau dapat award di Amerika tahun 2012. Saya enggak perlu kok ngomong sebenarnya bahwa saya berasal dari mana, tapi saya pilih untuk bilang saya berasal dari Indonesia," tuturnya.

Dalam video itu, Deddy bertanya soal Agnez warga negara Indonesia atau bukan. Agnez pun mengaku heran dengan orang-orang yang bertanya demikian hanya karena melihat potongan video yang tak utuh.

"Itu pertanyaan yang sangat lucu, kayaknya semua orang tahu siapa saya, di Amerika pun tahu siapa saya, bahkan di Afrika pun tahu saya siapa," ucap Agnez.

Oleh karena itu, kata Agnez, setiap kali dirinya di wawancara di luar negeri, sang pewawancara selalu bertanya bagaimana dirinya di Indonesia.

"Itu karena mereka tahu saya orang Indonesia. Dan saya enggak pernah menutupi itu dan bukan cuma saya tidak menutupi itu, tapi saya selalu memilih memberitahu mereka bahwa saya orang Indonesia," ucapnya.

Pelantun "Paralyze" ini juga tak habis pikir orang bisa menyimpulkan begitu saja dari video yang hanya berdurasi 30 detik. "Kan ini banyak yang tiba-tiba menjadi pakar bahasa nih dan semuanya di-pick (pilih), ayo kita pick kata-kata saya, mari kita bedah," ucap Agnez.

Dituntut Minta Maaf
Dibagian lain Agnez merasa heran banyak pihak yang salah paham akan pernyataan dirinya dan menuntut permintaan maaf.

Agnez tak mengerti ia harus meminta maaf untuk apa. "Apakah karena saya enggak ada garis keturunan Indonesia, atau saya harus minta maaf karena saya bilang Indonesia itu beragam?" ucapnya.

Agnez menambahkan, ramai pro dan kontra pernyataannya dalam sebuah wawancara adalah karena ulah orang tak bertanggung jawab yang main memotong videonya. Lantaran hal tersebut, makna pernyataan Agnez menjadi tak utuh lagi. "Terus kalau yang menarik perhatian saya adalah sebenarnya kepada orang yang pertama kali memotong video itu," kata Agnez Mo. (kompas.com)

Tags
Agnez Mo
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved