Human Interest Story

Dua Siswa Muba Juara Olimpiade Matematika Internasional, Kini Bersiap ke Final di Australia

Kedua siswa ini bersaing dengan peserta dari 18 negara di benua Asia pada 27 September lalu.

Dua Siswa Muba Juara Olimpiade Matematika Internasional, Kini Bersiap ke Final di Australia
SRIPOKU.COM/FAJERI RAMADHONI
Dua siswa SMP Negeri 6 Unggul Sekayu, Musi Banyuasin menyabet medali perunggu dalam ajang olimpiade matematika atau South East Asian Mathematical Olympiad (SEAMO), 27 September 2019 lalu. Mereka berhak mewakili Indonesia di final SEAMO X di Australia. 

DUA siswa dari SMP Negeri 6 Unggul Sekayu, Musi Banyuasin, Izami Eurico Bermanah dan Imam Addrul Quthni meraih prestasi di olimpiade matematika atau South East Asian Mathematical Olympiad (SEAMO). Keduanya berhasil menyabet medali perunggu di ajang tersebut.

Kedua siswa ini bersaing dengan peserta dari 18 negara di benua Asia pada 27 September lalu. Silabus SEAMO dikembangkan berdasarkan Kurikulum Olimpiade Matematika Singapura dan 40 persen materinya telah dimodifikasi untuk memenuhi standar internasional.

"Alhamdulillah Izami berkompetisi dalam kategori Paper D untuk kelas 7 dan 8, sedangkan Imam masuk dalam kategori Paper E untuk kelas 9 dan 10 dan kami berhasil meraih medali perunggu," kata keduanya secara kompak.

Keduanya menyebutkan, setelah berhasil melewati tahapan tersebut mereka masuk dalam kualifikasi untuk mengikuti Final Olimpiade SEAMO X pada Januari tahun 2020 mendatang di Gold Coast, Australia.

"Ke depan kami akan lebih giat lagi berlatih untuk persiapan mengikuti fimal olimpiase Seamo X di Australia nantinya," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muba, Musni Wijaya mengatakan, soal-soal dalam SEAMO menuntut peserta untuk berpikir kritis dan mendalam dalam menyelesaikan permasalahan Matematika yang diajukan.

"Sejak awal tahun 2019 ini, SMPN 6 Unggul Sekayu ditetapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Musi Banyuasin sebagai sekolah yang mengikuti Program Pengembangan Sekolah bernama Lighthouse School Program (LSP) yang sebelumnya telah diadakan di 4 sekolah lainnya di Babat Toman dan Sungai Lilin," kata Musni.

Dilanjutkan Musni, sebagai sekolah yang baru mengikuti rangkaian kegiatan LSP, SMPN 6 Unggul Sekayu diharapkan dapat terus mencetak prestasi baik dalam kompetisi nasional maupun internasional.

"Program LSP ini juga merupakan inisiasi pak Bupati Muba Dodi Reza yang berharap dan terus gencar mencetak generasi pelajar Muba yang unggul, berprestasi, dan mampu bersaing di level nasional maupun internasional," ulasnya.

Sementara Bupati Muba Dodi Reza mengucapkan selamat kepada Izami Eurico Bermanah dan Imam Addarul Quthni yang telah berhasil meraih juara olimpiade matematika tingkat internasional.

"Pertahankan prestasinya dan ke depan lebih memaksimalkan lagi persiapan untuk mengikuti ajang SEAMO X pada 2020 nanti di Australia," kata Dodi.

Dodi juga mengajak, peserta didik lainnya di Muba untuk aktif mengikuti kompetisi akademik dan non akademik baik di tingkat nasional maupun internasional. "Prinsipnya Pemkab Muba akan mendukung dan memfasilitasi, ini juga guna mengasah kemampuan peserta didik itu sendiri," jelasnya. (fajeri ramadhoni)

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved