Berita Palembang

Per 1 Nopember 2019, Klaim Penggantian Kacamata dengan Kartu BPJS Kesehatan Berubah, Begini Alurnya

Perubahan sistem atau alur penggantian kacamata dengan menggunakan BPJS Kesehatan sudah berlaku sejak awal November 2019.

Per 1 Nopember 2019, Klaim Penggantian Kacamata dengan Kartu BPJS Kesehatan Berubah, Begini Alurnya
SRIPOKU.COM/CHAIRUL NISYAH
Kepala Bidang SDM, Umum, komunikasi Publik , BPJS Kesehatan Cabang Palembang, Hendra Kurniawan, Kamis (7/11/2019). 

Laporan wartawan sripoku.com, Chairul Nisyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-Terjadi perubahan pada alur pengklaiman Kacamata bagi pemegang kartu BPJS Kesehatan, Kamis (7/11/2019).

Perubahan sistem atau alur penggantian kacamata dengan menggunakan BPJS Kesehatan sudah berlaku sejak awal November 2019.

Menurut keterangan dari Kepala Bidang SDM, Umum, komunikasi Publik , BPJS Kesehatan Cabang Palembang, Hendra Kurniawan ada sedikit perubahan cara untuk mengklaim kacamata dengan BPJS Kesehatan.

Dimana para pemegang kartu BPJS Kesehatan, sebelumnya harus melakukan tahapan diantaranya, datang ke Paskes Primer (Puskesmas), untuk mendapatkan rujukan ke poli mata di rumah sakit, lalu di rumah sakit akan menjalani proses pemeriksaan lebih lanjut.

Setelah dilakukan pemeriksaan, dan dinyatakan layak mendapatkan kacamata, rumah sakit akan memberikan resep, yang bisa langsung ditunjukan ke optik yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, sehingga pemegang Kartu BPJS Kesehatan, mendapatkan kacamata.

Namun, per November 2019, Pemengang Kartu BPJS Kesehatan, jika ingin mengklaim kacamata, cukup dengan datang ke Paskes Primer (Puskesmas) untuk dilakukan pemeriksaan, lalu langsung datang ke optik, untuk mendapatkan tindakan pemeriksaan lanjut.

Pengedar Sabu di Gunung Megang Muaraenim Ini Simpan Barang Bukti di Dalam Sepatu

Masalah Utang Sebesar Rp 1.050.000, Hendri Warga Jirak Muba Ini Nekat Menusuk Kenalannya

Belasan Rumah Warga di Kabupaten OKU Selatan Ambruk Diterjang Angin Puting Beliung

Namun setelah itu, pemegang BPJS Kesehatan kembali lagi ke Paskes Primer untuk mendapatkan verifikasi dari Paskes Primer, sehingga pemilik kartu BPJS Kesehatan, dapat menerima kacamata tersebut.

Kepala Bidang SDM, Umum, komunikasi Publik , BPJS Kesehatan Cabang Palembang, Hendra Kurniawan, mengimbau pada masyarakat khususnya Warga Kota Palembang untuk benar-benar memahami alur pengklaiman kacamata ini.

"Pada dasarnya jika dibandingkan alur yang lama perubahan pada alur baru ini mempersingkat alur pengklaiman kacamata. Hanya saja masyarakat memang harus memahami polanya tersebut,"ujarnya, Kamis (7/11/2019).

Untuk pengklaiman kacamata sendiri, hanya bisa dilakukan per 2 tahun sekali.

Hendra juga menjelaskan, untuk biaya penggantian klaim sendiri, dibagi berdasarkan kelas yang dipilih pemegang kartu BPJS Kesehatan.

Dimana untuk Pemegang Kartu BPJS Kesehatan, Kelas 1 sebesar 300 ribu, Kelas 2 sebesar 200 ribu, dan kelas 3 sebesar 150 ribu rupiah.

Jika sipemilik ingin mengambil atau memilih kacamata yang harganya lebih dari penggantian yang sudah ditetapkan BPJS Kesehatan, maka sisa biaya tersebut ditanggung pribadi.

"Contohnya, Saya pemegang Kartu BPJS Kesehatan, Kelas 1, saya mau ambil kacamata seharga 900 ribu, maka saya akan bayar 600 ribu, sedangkan 300 ribunya ditanggung BPJS Kesehatan," Jelas Hendra. 

Penulis: Chairul Nisyah
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved