Human Interest Story

SMPN 33 Peraih Adiwiyata Tingkat Sumsel Bersiap ke Nasional, Bentuk Delapan Tim Khusus

Untuk menuju ke tingkat nasional, pihak sekolah kini sedang sedang memperbaiki beberapa sarana dan prasarana di sekolah.

SMPN 33 Peraih Adiwiyata Tingkat Sumsel Bersiap ke Nasional, Bentuk Delapan Tim Khusus
TRIBUN SUMSEL/MELISA WULANDARI
Kepala SMPN 33 Palembang Sudarmi, MPd memberikan arahan kepada siswanya cara menyiram tanaman, Selasa (29/10). SMPN 33 Palembang yang kini menyandang predikat Sekolah Adiwiyata tingkat Sumsel bersiap ke tingkat nasional. 

SMP Negeri 33 Palembang berlokasi di Jalan Musi Raya Way Hitam, Siring Agung kini menyandang predikat sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Sumsel. Tahun depan mereka bersiap mengikuti sekolah Adiwiyata tingkat nasional.

"Awal 2019 lalu di Banyuasin sekolah kami meraih gelar sekolah Adiwiyata tingkat Sumsel, maka setelah meraih gelar tersebut kami jadikan landasan untuk berusaha ke tingkat nasional pada 2020 mendatang. Persiapannya banyak ya karena ini tingkat nasional," jelas Kepala SMPN 33 Palembang Sudarmi, MPd, Selasa (29/10/2019).

Untuk menuju ke tingkat nasional, pihak sekolah kini sedang sedang memperbaiki beberapa sarana dan prasarana di sekolah.

"Kami juga membina siswa kami agar selalu memiliki rasa Adiwiyata, tak hanya untuk siswa namun untuk seluruh warga sekolah," ujarnya.

"Begitu pula dengan administrasi, kami juga telah berusaha menyempurnakannya agar lebih baik lagi. Cita-cita kami memang ingin mendapatkan Adiwiyata tingkat nasional, Insya Allah akan tercapai," kata Sudarmi.

Agar bisa meraih Adiwiyata tingkat nasional pihak SMPN 33 juga telah membentuk sebuah tim. "Tim Adiwiyata sekolah namun sebenarnya seluruh warga sekolah terlibat dalam mencapai Adiwiyata tingkat nasional," ujarnya.

"Dan kami selalu mengimbau kepada warga sekolah untuk selalu menjaga lingkungan, peduli terhadap lingkungan kemudian ikut menjaga lingkungan sekolah sehingga tetap bersih, nyaman, asri dan terbebas dari polusi," kata perempuan keturunan Jawa dan Bugis ini.

Sementara koordinator Adiwiyata SMPN 33 Palembang Hj Hasmawati mengatakan, tim Adiwiyata yang ada di SMPN 33 Palembang ini terdiri dari 8 tim. "57 guru kami libatkan untuk menjadi ketua tim dan anggota dan seluruh siswa," katanya.

"Tim itu terdiri dari tim kompos, biopori, pembibitan, kebersihan lingkungan, bank sampah, kantin, taman dan proses pembelajaran (terkait Adiwiyata). Semua sudah dipersiapkan dan kami berharap bisa meraih yang terbaik," katanya.

Dia menambahkan tak hanya membentuk tim, pihaknya juga membuat jadwal kalau setiap Jumat warga sekolah wajib mengikuti yasinan bersama di lapangan sekolah. "Setiap Sabtu ada operasi semut, jadwal operasi semut ini tiap minggunya berbeda setiap kelas," ujarnya.

"Selain itu ada senam bersama, ini juga wajib diikuti oleh warga sekolah karena termasuk ke dalam proses pembelajaran. Kami bersyukur karena kepala sekolah kami melibat seluruh guru SMPN 33 Palembang untuk Adiwiyata ini jadi gak ada orang luar tentunya seluruh warga sekolah juga terlibat," tutupnya. (melisa wulandari)

Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved