Human Interest Story

Paparkan Penelitian di AS

Ia menuturkan bersamanya empat rekannya dari Unsri berkesempatan mewakili Indonesia, memaparkan hasil riset mengenai diagnosis kanker paru-paru.

Paparkan Penelitian di AS
Kolase Sripoku.com
Ratu Tenny Leriva 

MUDA dan berprestasi, inilah yang mungkin bisa digambarkan dari sosok Ratu Tenny Leriva, putri bungsu dari Gubernur Sumsel, H Herman Deru. Terlepas dari jabatan orangtuanya sebagai orang nomor satu di Sumsel, nyatanya Iva, sapaan akrab gadis yang menempuh pendidikan di Jurusan Kedokteran Unsri itu, berhasil mengukir prestasi diusia mudanya.

Ditemui usai menerima penghargaan sebagai pemuda/pemudi berprestasi dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan di puncak Hari Sumpah Pemuda ke-91 di halaman Rumah Ibadah Kompleks PT JSC, ia menuturkan bersamanya empat rekannya dari Unsri berkesempatan mewakili Indonesia, khususnya Sumatera Selatan, memaparkan hasil riset mengenai diagnosis kanker paru-paru di Boston, Amerika Serikat.

"Sejak setahun terakhir ini kita ikut kompetisi IGM sejenis kompetisi scientic biology. Alhamdulillah kita akan paparkan hasil penelitiannya. Dari 20 orang tim yang berangkat, ada lima orang untuk mewakili pemaparan," ujarnya, Senin (28/10/2019).

Iva mengatakan, riset yang dipilih yakni Diagnosis Kanker Paru-paru dengan cara yang biomarker inovasi dari modifikasi dengan E-Coli yang tidak menelan biaya besar. Pasalnya, selama ini untuk penentuan diagnosis kanker paru hanya dengan cara invasif yang berbiaya mahal.

"Tapi dengan riset ini lebih efisien, dan hasil penelitianya akan dipaparkan. Kami beruntung bisa terpilih karena peserta yang ikut kompetisi jumlahnya hingga ratusan dari berbagai negara," jelasnya. Menurutnya, ia dan tim yang mewakili siap memaparkan apa saja hasil riset yang disajikan.

"Kita akan beritahu kondisi asapnya di Sumsel, serta apa manfaat dengan adanya riset terhadap masyarakat," jelasnya.

Dirinya berharap di puncak Hari Jadi Sumpah Pemuda ke 91 di tahun depan akan semakin banyak generasi muda yang mendapatkan prestasi dengan bidang yang dikuasai. (rahmaliyah)

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved