Berita Palembang

800 Mahasiswa di Sumsel Perebutkan Beasiswa SKSS dari Baznas, Program Sumsel Cerdas

Sebanyak 800 mahasiswa bersaing memperebutkan beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS), program pendidikan dari Badan Amil Zakat Nasional Sumsel.

800 Mahasiswa di Sumsel Perebutkan Beasiswa SKSS dari Baznas, Program Sumsel Cerdas
SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA
Baznas Sumsel 

Laporan wartawan sripoku.com, Odi Aria Saputra

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Sebanyak 800 mahasiswa bersaing memperebutkan beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS), program pendidikan dari Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas Sumsel.

Beasiswa SKSS merupakan program Sumsel Cerdas, yang bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk menempuh pendidikan.

Kepala Baznas Sumsel, Najib Haitami mengatakan program SKSS sudah digaungkan Baznas Sumsel sejak tahun 2016 lalu.

Di tahun ini sudah ada sekitar 800 mahasiswa dari berbagai daerah di Sumsel yang telah mendaftar memperebutkan kuota 120 mahasiswa penerima beasiswa.

"Ini tahun ketiga program SKSS, alhamdulillah responnya tiap tahun makin meningkat. Untuk tahun ini ada 800 peserta, Baznas Sumsel menyiapkan kuota bagi 120 mahasiswa," ujarnya, Senin (28/10/2019).

ACT Sumsel Salurkan 1 Ton Beras ke Ponpes Yatim Dhuafa Al Umar di Talang Seleman Ogan Ilir

Tips Atasi Gigitan Ular yang Benar dari Dbratstyle Komunitas Pecinta Hewan

Air Sungai Lematang di Tanah Abang Kabupaten PALI Diduga Tercemar, Bau dan Gata-Gatal Usai Mandi

Najib menjelaskan, untuk persyaratan mahasiswa yang ingin mendaftar program SKSS ini berasal dari keluarga yang tidak mampu, berstatus sebagai satu-satunya anggota keluarga yang menempuh pendidikan S-1, berkelakukan baik sesuai akhlak islam, berasal dari perguruan tinggi A atau B, IPK minimal 3.00.

Kemudian, tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun, mengisi formulir, fotocopy KK, fotocopy kartu tanda mahasiswa, fotocopy kartu studi terakhir, foto bewarna, melampirkan surat keterangan kuliah, dan beserta mengikuti dan mematuhi peraturan program pembinaan selama studi.

Bagi mahasiswa yang menerima program SKSS, mereka akan dibantu secara penuh dalam pembayaran uang kuliah hingga selesai.

"Uang kuliah kita back up penuh. Tetapi syaratnya tidak boleh mendapatkan nilai C dan menempuh pendidikan maksimal sampai semester 8. Kalau melanggar aturan kita putus beasiswanya," ungkap Najib.

Menurutnya, program ini sangat bagus untuk membantu mencerdaskan anak bangsa khususnya warga Sumsel. SKSS dapat membantu anak yang cerdas menempuh pendidikan namun tak memiliki biaya kuliah.

"Alhamdulillah banyak alumni kita diterima PNS dan telah bekerja. Program ini sangat baik mencerdaskan warga Sumsel," katanya. (Oca)

Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved