Instruksi Gubernur kepada Bupati-Walikota: Sisihkan Dana Khusus

Kita sudah capek mencari siapa yang salah, sekarang yang kita cari siapa yang bisa memadamkan api dan tidak menimbulkan api.

Instruksi Gubernur kepada Bupati-Walikota: Sisihkan Dana Khusus
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru 

PALEMBANG, SRIPO -- Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru mengaku sudah capek mencari siapa yang salah terkait kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di wilayah Sumsel. Menurutnya, hal yang menjadi fokus saat ini adalah mencari solusi yang bisa membasmi karhutbunlah.

"Kita sudah capek mencari siapa yang salah, sekarang yang kita cari siapa yang bisa memadamkan api dan tidak menimbulkan api itu," ucapnya saat melakukan kunjungan kerja menghadiri HUT OKI ke-74 di Kayuagung, Jumat (11/10/2019).

Untuk itu, lanjut Herman Deru, dirinya telah menginstruksikan kepada seluruh Kabupaten dan kota yang terpapar asap untuk mengalokasikan dana secara khusus untuk pencegahan maupun pemadamannya. Dirinya menilai pencegahan ini tidak bisa lagi hanya ditempel-tempel.

Menurutnya, Sumsel menjadi salah satu wilayah yang memiliki lahan gambut yang cukup luas yakni lebih dari 1 juta hektar. Untuk itu tambah Deru, pencegahan harus dilakukan.

"(Karhutla) Ini bencana yg tidak kita inginkan. Paling tidak ada dua cara, pertama sosialisasi pelarangan membakar hutan, kedua mulai tahun ini kita bisa menganggarkan melalui pendanaan dalam pencegahan karhutla. Jadi jangan ragu, dengan begitu ada dinas yang fokus atasi Karhutbunlah ini," tutupnya. (cr12)

Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved