Jadwal Terbang Kacau Akibat Asap Kabut

Sebanyak 14 penerbangan yang terlambat itu yakni tujuh penerbangan kedatangan dan tujuh penerbangan keberangkatan.

Jadwal Terbang Kacau Akibat Asap Kabut
SRIPOKU.COM/CHAIRUL NISYAH
Ilustrasi jadwal penerbangan 

PALEMBANG, SRIPO -- Kabut asap yang masih menyelimuti Palembang pagi ini membuat 14 penerbangan terlambat tiba dan berangkat dari dan menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Rabu (9/10/2019).

Sebanyak 14 penerbangan yang terlambat itu yakni tujuh penerbangan kedatangan dan tujuh penerbangan keberangkatan.

Titik terendah jarak pandang Rabu pagi 50 meter pukul 05.00-05.30 atau 30 menit. Menjelang pukul enam jarak pandang sedikit meningkat namun belum aman bagi penerbangan karena hanya berjarak 300 meter.

Pukul 06.30-07.00 jarak pandang justru turun atau kabut asap kembali tebal yakni hanya 200 meter saja. Barulah pukul 07.30 jarak panjang lebih panjang yakni 1.000 meter dan operasional bandara baru bisa beroperasi.

Tujuh maskapai yang terlambat datang tersebut yakni Air Asia dengan rute Kuala Lumpur-Palembang terlambat tiba sembilan menit.

Selanjutnya maskapai nasional Garuda Indonesia terlambat tiba dengan dua penerbangan. Penerbangan pertama terlambat tiba dari Bandara Sukarno Hatta Cengkareng dijadwalkan pukul 06.45 tapi baru bisa mendarat pukul 09.02 atau terlambat 137 menit dari waktu yang seharusnya dijadwalkan. Penerbangan kedua dengan rute yang sama yakni Sukarno Hatta-SMB II tapi dengan durasi yang lebih singkat 22 menit.

Batik air menjadi maskapai yang terlambat paling lama hari ini yakni total 144 menit. Maskapai Lion grup ini seharusnya tiba dari Bandara Sukarno Hatta pukul 06.50 tapi baru mendarat di bandara SMB II pukul 09.14.

Maskapai berbiaya rendah Citilink juga terkena dampak delay hari ini. Ada dua penerbangan Citilink yang delay yakni 131 menit dari Jakarta menuju Palembang dan penerbangan lainnya yakni dari Pangkal Pinang terlambat tiba 54 menit.

Wings air juga terlambat tiba dari Bandara Sultan Syarif Pekan Baru 103 menit dari waktu yang dijadwalkan.

Sementara itu maskapai yang terlambat terbang karena kabut asap juga dialami maskapai Citilink yakni tiga penerbangan pagi dengan rute Palembang-Jakarta 194 menit atau lebih dari tiga jam karena penerbangan ini merupakan yang paling lagi dijadwalkan terbang yakni pukul 05.00.

Sementara itu maskapai yang sama dengan rute berbeda yakni Palembang-Pangakal pinang terlambat berangakat 54 menit. Sementara itu rute Palembang-Padang terlambat terbang 99 menit atau lebih dari 1,5 jam.

Maskapai lainnya yang terlambat berangkat yakni Garuda Indonesia dengan tujuan Bengkulu terlambat berangkat 137 menit. Batik air dengan tujuan Bandara Sukarno Hatta terlambat berangakat 144 menit.

Maskapai lainnya yang terkena dampak keterlambatan keberangkatan yakni wings air tujuan Pekanbaru terlambat berangkat 123 menit disusul Batik air tujuan Jakarta terlambat 127 menit dan Air Asia tujuan Kuala lumpur terlambat terbang 33 menit. (tk)

Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved