Kebudayaan Dukung Sektor Pariwisata

Provinsi Bali menjadi salah satu daerah di Tanah Air yang sukses menyandingkan pariwisata dan kebudayaan menjadi satu paket destinasi wisata.

PALEMBANG, SRIPO -- Destinasi wisata di suatu daerah tidak dapat dilepaskan dari adanya unsur kebudayaan yang kuat di dalamnya. Berbagai macam kebudayaan unik yang ada di Indonesia menjadi sektor pendukung untuk menarik para wisatawan agar datang berkunjung ke Tanah Air.

Direktur Politeknik Pariwisata Pariwisata Palembang, Zulkifli Harahap menyoroti kesenian wayang kulit Palembang yang kini hampir punah wajib dilestarikan kembali. Komitmen tinggi dalam menjaga budaya akan berdampak pada sektor pariwisata, yang tentunya nanti akan bermuara meningkatnya perekonomian masyarakat.

"Peran pemerintah sangat berdampak pada pariwisata daerahnya. Kita harus komit bagaimana aspek budaya dan kesenian itu saling mendukung dalam aktivitas pariwisata," katanya, Senin (7/10).

Ia mencontohkan, Provinsi Bali menjadi salah satu daerah di Tanah Air yang sukses menyandingkan pariwisata dan kebudayaan menjadi satu paket destinasi wisata.

Dengan kebudayaan yang turut ditonjolkan, membuat para wisatawan khususnya dari mancanegara, ketika datang ke Pulau Dewata tidak hanya menikmati keindahan pantainya saja, tetapi juga beragam kebudayaan yang disajikan.

"Seperti di Bali kita lihat, kesenian dan budayanya pun bisa dinikmati wisatawan. Jadi kebudayaan Palembang ini perlu terus digali potensinya," jelas Zulkfili.

Menurutnya, kebudayaan tak bisa dipandang sebelah mata apalagi dibiarkan sampai punah. Sebab, budaya merupakan jati diri bangsa. Terlebih, Indonesia dikenal dimata dunia sebagai negara yang memiliki ragam kebudayaan unik dan menarik.

Apabila suatu negara atau daerah tidak menghargai budayanya sendiri, maka patut dipertanyakan jati dirinya.

"Budaya itu sangat penting. Apalagi Indonesia dikenal sebagai negara pemilik kebudayaan beragam. Kalau bukan kita, lantas siapa lagi yang akan bangga dengan budaya daerahnya sendiri," ungkap Zulkifli. (oca)

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved